Info Sekolah
Selasa, 23 Jul 2024
  • Selamat Datang di Halaman Website SMK Negeri 1 Peusangan
22 November 2023

Apel Pagi Membangun Kebersamaan dan Semangat Belajar Siswa

Rabu, 22 November 2023 Kategori : Berita

Salah satu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan, keseragaman dan kebersamaan adalah dengan apel pagi. SMK Negeri 1 Peusangan menerapkan pembiasaan apel pagi sebelum kegiatan belajar mengajar di mulai. Apel pagi dilakukan kurang lebih selama 30 menit yang bertujuan agar tidak ada yang terlambat sebelum kegiatan pembelajaran dimulai.

Manfaat utama dari apel pagi sekolah adalah membangun rasa kebersamaan. Ketika siswa dan wali kelas berkumpul di satu tempat setiap pagi, mereka merasakan ikatan yang kuat sebagai orang tuanya di sekolah. Ini menciptakan suasana yang positif dan inklusif di mana setiap individu merasa dihargai dan diterima. Apel pagi sekolah menjadi kesempatan bagi siswa untuk bersatu, berinteraksi, dan membangun hubungan sosial yang positif antara sesama siswa dan juga dengan para guru dan staf sekolah lainnya.

Etika Digital Dalam Ber Media Sosial

Etika Digital Dalam Ber Media Sosial

Tepatnya hari Rabu, 22 November 2023 Apel pagi kali ini dilaksanakan seperti biasa, di halaman sekolah dengan peserta dari seluruh Pendidik dan Tenaga Pendidik.

Dengan Pembina Apel oleh Kepala Sekolah bapak Joko Triyanto, ST., menyampaikan banyak hal tentang “Beretika Dalam Bermedia Sosial”, baik siswa maupun guru yang ada di SMK Negeri 1 Peusangan.

Sikap menghargai orang lain tidak hanya ditunjukkan pada saat berkomunikasi secara langsung, namun juga pada media sosial.

Saat ini media sosial telah menjadi gaya hidup. Semua orang, tidak pandang usia, terhubung dan berkomunikasi menggunakan media sosial (medsos) dalam berbagai platform. Pengguna dengan sangat leluasa mendapatkan dan berbagi informasi ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat singkat. Sayangnya, tidak sedikit terjadi penyalahgunaan medsos atau perilaku pengguna medsos yang tidak memperhatikan kaidah-kaidah etika ataupun kesopanan.

Ketika mengunjungi medsos seperti TikTok, Instagram, Facebook atau Twitter maupun layanan video berbagi seperti YouTube, kita dengan mudah menjumpai konten-konten sensitif seperti konten dengan tema politik, suku, agama dan ras, bila kita merujuk pada kolom komentar tentu akan kita jumpai banyak sekali komentar-komentar yang tidak mengindahkan lagi norma-norma kesopanan.

Semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang pula Media sosial (Medsos). Bahkan perkembangan Medsos sudah tak berbendung lagi. Liar tanpa terkendali, sehingga banyak orang menjadi pesakitan karena melanggar UU ITE (Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik).

Agar kondisi tersebut tidak menimpa kepada siswa-siswinya Kepala SMK Negeri 1 Peusangan menyampaikan informasi dalam beretika dalam bermedia sosial yang baik dan benar.

Jadi, Yuk . . . Manfaatin Sosial Media dengan Sebaik-baiknya. Biasakan untuk selalu berpikir terlebih dahulu sebelum bertidak.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan yang jatuh pada jadwal: Hari Jumat pada Tanggal..
Diterbitkan :
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan penentuan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan untuk mengecek..
Diterbitkan :
Jadwal Ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) TP. 2021-2022 SMK Negeri 1 Peusangan
Sehubungan dengan akan dilaksanakannya ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi peserta didik kelas X dan..