Soal Korespondensi Kelas 10 – OTKP sudah disesuaikan. Dan jika Anda berkenan untuk dapat melihat dan berkunjung ke halaman Media Informasi untuk melihat materi pembelajaran Kejuruan SMK.
Kumpulan Soal Kejuruan OTKP – Administrasi Perkantoran
Dengan beberapa contoh soal pada halaman soal-soal online ini kita bisa belajar memahami soal dengan menyamakan kunci jawaban untuk mengetahui jawabannya.
Halaman ini berisi Soal Korespondensi Kelas 10 – OTKP dan kunci jawaban yang terdiri dari 38 soal pilihan ganda, untuk adik-adik pelajari sebagai latihan di rumah sebelum menghadapi ujian di sekolah, maupun guru sebagai bahan referensinya dalam pembuatan soal-soal latihan maupun soal ujian.
Semoga halaman ini bisa bermanfaat bagi pembaca ataupun bagi Guru yang sedang mencari Bahan Soal Pelajaran Sekolah.
Berikut contoh Soal Korespondensi Kelas 10 – OTKP :
- Pada zaman teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini, seseorang dapat memberikan informasi dari media apa saja. Seorang pimpinan dapat memberikan pengumuman kepada karyawannya menggunakan telepon genggam secara menyeluruh. Peran seorang pimpinan dalam memberikan informasi pada ilustrasi tersebut adalah….
A. Komunikan
B. Pesan
C. Komunikator
D. Media
E. Feedback
Jawaban: C
- Suatu proses pengiriman pesan atau simbol-simbol yang mengandung arti dari seseorang komunikator kepada komunikan dengan tujuan tertentu, merupakan pengertian dari :
A. Komunikasi
B. Komunikan
C. Komunikator
D. Pesan
E. Informasi
Jawaban: A
- Pemindahan pesan tanpa menggunakan kata-kata. Merupakan cara yang paling meyakinkan untuk menyampaikan pesan kepada orang lain, merupakan pengertian dari…
A. Komunikasi non verbal
B. Komunikasi verbal
C. Komunikasi tidak langsung
D. Komunikasi Tertutup
E. Komunikasi langsung
Jawaban: A
- Proses penyampaian pikiran, pesan, atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan symbol yang menggunakan satu kata maupun lebih sebagai medianya, merupakan pengertian dari…
A. Komunikasi non verbal
B. Komunikasi verbal
C. Komunikasi tidak langsung
D. Komunikasi Tertutup
E. Komunikasi langsung
Jawaban: B
- Pada hari ini, PT Proliman menerima surat permohonan kerjasama yang dikirimkan oleh PT Protelon mengenai kerjasama percetakan dokumen, buku dan sebagainya. Namun ada beberapa hal yang kurang bisa dipahami perihal poin-poin kerjsama yang ditawarkan. Untuk memperjelas poin kerjasama tersebut, maka PT Proliman menghubungi PT Protelon melalui telepon.
Berdasarkan ilustrasi di atas, fungsi komunikasi telepon adalah untuk….
A. Mempermudah penyampaian berita
B. Memperjelas isi informasi yang disampaikan komunikator
C. Mempersingkat waktu dalam penyampaian pesan atau berita
D. Mengefektifkan proses penyampaian pesan atau berita
E. Sebagai alat untuk membangkitkan daya Tarik pesan atau berita
Jawaban: B
- Sebagai wujud ungkapan perasaan atau pikiran komunikator, atas apa yang dia pahami terhadap sesuatu hal atau permasalahan, merupakan pengertian dari fungsi komunikasi…..
A. Informasi
B. Kontrol
C. Sosial
D. Ekonomi
E. Ekspresi
Jawaban: E
- Semua sarana yang di pergunakan untuk memproduksi, mendistribusikan, atau menyebarkan, dan menyampaikan informasi, merupakan pengertian dari…
A. Komunikan
B. Komunikasi
C. Media komunikasi
D. Pesan
E. Informasi
Jawaban: C
- Berikut ini yang bukan merupakan media komunikasi yang digunakan secara internal adalah…
A. Telephone (telepon)
B. Surat
C. Papan pengumuman
D. TV
E. House jurnal (majalah bulanan)
Jawaban: D
- Berikut ini yang bukan merupakan contoh komunikasi tatap muka langsung adalah…
A. Rapat
B. Menelepon
C. Diskusi
D. Pertemuan
E. Mengobrol
Jawaban: B
- Dibawah ini yang merupakan media audio adalah …
A. Radio, TV, Koran
B. Radio, TV, Tape recorder
C. Radio, Foto, Koran
D. Radio, TV, Majalah
E. Radio, MP3
Jawaban: E
- Proses komunikasi sangat dipengaruhi oleh faktor kepercayaan, merupakan pengertian dari faktor komunikasi…..
A. Clarity
B. Context
C. Content
D. Credibility
E. Continuity
Jawaban:
- Media yang digunakan untuk komunikasi secara internal, kecuali…..
A. Surat keluar
B. Telephone (telepon)
C. Papan pengumuman
D. House jurnal (majalah bulanan)
E. Memo
Jawaban: D
- Salah satu manfaat dari komunikasi adalah…
A. Dapat menggunakan media dengan tepat
B. Dapat bertemu dengan orang banyak
C. Menjaga hubungan baik dan silaturahmi dalam suatu persahabatan, komunitas
D. Lebih percaya diri
E. Dapat meningkatkan status sosial
Jawaban: C
- Dibawah ini yang bukan pedoman untuk tercapainya komunikasi yang baik adalah…
A. Kunci sukses komunikasi adalah umpan balik.
B. Komunikasi tatapmuka adalah bentuk komunikasi yang paling efektif.
C. Setiap pesan komunikaasi mengandung unsur informasi sekaligus emosi.
D. Kunci sukses komunikasi adalah sudah saling kenal anrtara komunikator dengan komunikan.
E. Kata adalah lambang untuk mengekspresikan pikiran atau perasaan yang terbuka untuk ditafsirkan.
Jawaban: D
- Dalam berkomunikasi secara verbal, ada beberapa sikap yang perlu dicermati, diantaranya truth, yang berarti…
A. Tulus
B. Ramah
C. Kesungguhan
D. Ketenangan
E. Beroreintasi pada kebenaran
Jawaban: E
- Di dalam proses komunikasi terdapat istilah decoding dan encoding, decoding berarti….
A. Menterjemahkan/mengartikan simbol-simbol kedalam bahasa/pesan yang mudah dimengerti
B. Pesan yang akan disampaikan oleh komunikator kepada komunikan
C. Adanya umpan balik yang menunjukkan adanya komunikasi dua arah
D. Adanya hambatan dalam proses komunikasi
E. Pesan yang akan disampaikan disandikan terlebih dahulu menjadi symbol-simbol.
Jawaban: B
- Pesawat telepon yang digunakan oleh masyarakat pada umumnya yang memiliki fasilitas telepon di rumahnya adalah pesawat…
A. Intercom
B. Tunggal
C. Hunting
D. Telepon intern
E. Telepon ekstern
Jawaban: B
- Berikut keuntungan telepon dengan pesawat SLJJ, kecuali …
A. Tidak di kenakan biaya minimum 3 menit
B. Tidak perlu menunggu lama
C. Tidak perlu menghubungi operator
D. Tidak perlu membayar mahal
E. Tidak dapat menjangkau seluruh Indonesia
Jawaban: E
- Pesawat telepon yang digunakan untuk membuat suatu hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis dengan tujuan melaksanakan konferensi, disebut
A. Telephon
B. PABX
C. Telephon conference
D. Voice mail
E. Skype
Jawaban: C
- Siti adalah seornag staf pemasaran di perusahaan Karya Nanda. Suatu ketika, Siti ingin menghubungi rekan kerjanya yang berada di bagian keuangan untuk mendiskusikan masalah permohonan dana untuk pengadaan barang di bagian pemasaran. Alat komunikasi yang sesuai digunakan oleh Siti adalah….
A. Pesawat telepon
B. Switchboard
C. PMBX
D. Intercom
E. PABX
Jawaban: D
- Cara menggunakan hubungan telepon yang dimulai dengan menekan kode wilayah dan kemudian menekan kode nomor telepon yang di tiju disebut hubungan …
A. Interlokal
B. Local
C. Tunggal
D. Ganda
E. Internasional
Jawaban: A
- Melakukan hubungan telepon langsung ke luar negeri dengan pesawat telepon (bukan Hp) adalah dengan cara memutar….
A. Kode awal/SLI + kode negara + kode wilayah + nomor telepon
B. Kode negara + kode wilayah + nomor telepon
C. Kode awal/SLI + kode negara + nomor telepon
D. Kode negara + kode awal/SLI + kode wilayah + nomor telepon
E. Nomor telepon + Kode wilayah + kode negara
Jawaban: B
- Ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak), merupakan pengertian dari…
A. Sikap
B. Kepribadian
C. Tindak tanduk
D. Etika
E. Etika Kepribadian
Jawaban: D
- Dalam menagani telepon terdapat faktor hambatan antara lain faktor….
A. Posisi dan alat
B. Dana dan pemakaian
C. Alat dan pemakai
D. Manusia dan penggunaan
E. Komunikasi dan alat
Jawaban: C
- Kemampuan untuk menempatkan diri pada situasi atau kondisi yang di hadapi orang lain, merupakan pengertian dari prinsip komunikasi secara…
A. Respect
B. Empaty
C. Audible
D. Humble
E. Clarity
Jawaban: B
- Sikap yang perlu dicermati oleh seseorang dalam berkomunikasi, kususnya berkomunikasi verbal, yaitu antara lain truth yang berarti…
A. Tulus
B. Ramah
C. kesungguhan
D. Ketenangan
E. Beroreintasi pada kebenaran
Jawaban: E
- Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan berkomunikasi secara baik dan efektif, di antaranya sebagai berikut, kecuali….
A. Menyebabkan terjadinya konflik antara komunikator dengan komunikan
B. Tersampaikan nya gagasan atau pemikiran kepada orang lain dengan jelas dan sesuai dengan yang dimaksudkan
C. Adanya saling kesepahaman antara komunikator dan komunikan dalam suatu permasalahan, sehinggga terhindar dari salah peresepsi.
D. Menjaga hubungan baik dan silaturahmi dalam suatu persahabatan, komunitas.
E. Pesan-pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik tanpa menimbulkan perasaan negatif
Jawaban: A
- Kurang dapat menangkap isi pembicaraan merupakan salah satu hambatan dalam komunikasi telepon, misalnya pada saat anda menerima telepon, anda diminta untuk menyebutkan nama pimpinan anda, tetapi si penelpon tidak mendengar, maka untuk memperjelas awal huruf maka anda menggunakan…
A. Pengeras suara
B. Tulisan
C. Spelling abjad
D. Diulag-ulang
E. Mengeja
Jawaban: C
- Saat anda akan melakukan panggilan telepon, maka pesan yang akan anda sampaikan akan dicatat pada . . . .
A. Bloknote
B. Kertas
C. lembar kartu kendali
D. Lembar disposisi
E. Lembar pesan telpon
Jawaban: A
- Saat anda menerima telepon masuk, maka anda akan mengisi . . . .
A. Bloknote
B. Kertas
C. Lembar kartu kendali
D. Lembar pesan telpon
E. Lembar disposisi
Jawaban: D
- Kode alphabet untuk spelling abjad adalah kata yang sering kita ucapkan jika kita berada dalam percakapan di mana kita tidak saling ketemu, dibawah ini adalah kata yang sering digunakan untuk spelling abjad, kecuali…
A. A : Alpha
B. B : Bravo
C. C : Charlie
D. D : Delta
E. E : Enak
Jawaban: E
- Telephone Manner atau disebut juga mengenai tata bicara di telepon, terdapat beberapa aturan yang baik dan benar. Dibawah ini yang bukan tata cara menerima telpon yang baik adalah…
A. Mengangkat telepon dalam tiga kali dering
B. Menyebutkan nomor telpon pribadi walaupun tidak diminta
C. Mengangkat telepon dengan tangan kiri
D. Tangan kanan memegang alat tulis
E. Memberikan/menyebutkan identitas
Jawaban: B
- Di bawah ini adalah pertanyaan yang dapat Anda lakukan, jika pada saat menerima telepon si penelepon tidak menyebutkan identitasnya adalah…
A. Siapa yang bicara?
B. Boleh saya tahu, siapa yang bicara?
C. Boleh saya tahu, dengan siapa saya bicara?
D. Tolong dikasih tahu, dengan siapa saya bicara?
E. Siapa ini?
Jawaban: C
- Saat anda menerima telepon masuk dan penelepon ingin berbicara dengan pimpinan sementara beliau sedang sibuk dan tak ingin diganggu. Apa yang harus anda sampaikan agar si penelepon tidak kecewa ….
A. Maaf bapak sedang sibuk tidak bisa diganggu!
B. Maaf bapak sedang sibuk, bisa telepon lagi
C. Maaf tinggalkan pesan saja bapak sedang sibuk
D. Maaf bapak sedang sibuk ada pesan yang ingin disampaikan?
E. Lain kali saja bapak telepon lagi, kalau bapak tidak sibuk
Jawaban: D
- “Good morning, PT. Karya Nanda, Susi is speaking, can I help you” merupakan contoh percakapan telepon bahasa inggris di….
A. Awal pembicaraan
B. Akhir pembicaraan
C. Tengah pembicaraan
D. Iinti pembicaraan
E. Pembukaan
Jawaban: A
- Dibawah ini adalah langkah-langkah menangani telepon bahasa inggris, kecuali…..
A. Don’t let someone wait too long on the telephon
B. When you get a rude caller you should act the same
C. You must smile when you answer the telephon
D. Don’t let the phone ring too long
E. You must mention your name when you answer the telephon
Jawaban: B
- Saat anda menerima telepon yang akan anda ucapkan pertama kali adalah ….
A. Selamat pagi, PT Maju Mundur, ada yang bisa saya bantu?
B. Selamat pagi, gimana ada yang bisa saya bantu?
C. Selamat pagi, Maaf saya sedang sibuk, bisa telepon lagi nanti!
D. Selamat pagi, Saya Selly, ada yang bisa saya bantu?
E. PT Maju Mundur, selamat pagi, dengan Selly selaku sekretaris Bagian kepegawaian, ada yang bisa saya bantu?
Jawaban: E
38.Receptionist : ……………………………………
Caller : May I speak to Mr. Rahadi, please?
Receptionist : Hold on, please?
A. Hi. This Nusantara Airlines. Can I help you?
B. Hi. I’m Rendy from Nusantara Airlines. Who are you?
C. Good morning, can I help you?
D. Hello. Good morning. You’re Mr. Gondo, right?
E. Good morning, Nusantara Airlines. Sapta is speaking, may I help you?
Jawaban: E
- Saat anda akan melakukan panggilan telepon dalam bahasa inggris, maka anda akan mengisi….
A. Lembar pesan telpon
B. Kertas
C. Bloknote
D. Lembar kartu kendali
E. Lembar disposisi
Jawaban: C
- “Could you please tell Mr. sunarto to caal me back” merupakan permintaan si penelpon untuk/meminta
A. Pesannya disampaikan segera
B. Akan menelpon lagi
C. Tidak akan menelpon lagi
D. Ditelpon balik
E. Akan bersedia menunggu
Jawaban: D
Tinggalkan Komentar