Info Sekolah
Selasa, 23 Jul 2024
  • Selamat Datang di Halaman Website SMK Negeri 1 Peusangan
14 Februari 2023

SMK Negeri 1 Peusangan Menggandeng BSI dalam Program Guru Tamu

Selasa, 14 Februari 2023 Kategori : Berita

Pada dasarnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berorientasi mempersiapkan siswanya untuk terjun langsung ke dunia kerja. Siswa dibekali segala keterampilan agar mudah menyesuaikan diri ketika sudah lulus.

Selain segala keterampilan yang dibutuhkan, siswa juga perlu memahami bagaimana budaya kerja dan juga suasana yang tentunya berbeda dengan masa-masa sekolah. Sehingga, siswa bukan hanya dibekali keterampilan saja namun juga mentalitas seorang yang siap bekerja.

Program guru tamu merupakan kebijakan sekolah sekaligus program kurikulum baru SMK Pusat Keunggulan. Program ini sebagai pembaharuan kurikulum lama yang disesuaikan dengan kondisi terkini yang dibutuhkan para siswa sebelum memasuki dunia kerja.

Tujuan didatangkannya guru tamu supaya mereka bisa menjelaskan kepada siswa-siswa tentang apa yang menjadi kebutuhan industri dan mereka bisa menularkan ilmu dan pengalamannya kepada siswa-siswa SMKN 1 Peusangan sehigga nantinya ketika terjun di dunia kerja, siswa-siswa sudah memiliki wawasan tentang dunia industri. Di sisi lain, siswa diharapkan lebih memahami kondisi lapangan yang nantinya mereka hadapi langsung.

Kegiatan ini berupa pembelajaran yang melibatkan guru dari dunia usaha dan dunia industri untuk mengajar dan pembelajarannya, menyesuaikan kegiatan yang realistis di dunia usaha dunia industri saat ini. Program guru tamu ini rutin diadakan pada setiap tahunnya. Tujuannya untuk membekali siswa sebelum melaksanakan prakerin atau PKL.

Untuk itu pihak SMK Negeri 1 Peusangan telah mendatangkan guru tamu dari Pelaku perbankan yaitu BSI KCP Peusangan. Pada kali ini guru tamu yang hadir berjumlah 5 orang. Program guru tamu dilaksanakan selama 1 hari penuh. Program ini untuk memberikan pemahaman kepada siswa berkaitan dengan sistem perbangkan yang ada di Indonesia dan lebih khusus dengan sistem pembankkan syariah yang diperlakukan di aceh sesuai dengan kanun nomor : 11 tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan syariah.

SMK Negeri 1 Peusangan Menggandeng BSI dalam Program Guru Tamu

Pada kegiatan ini di paparkan tentang perbedaan bank konvensional dan bank syariah serta produk yang di tawarkan oleh bank syariah dalam hal ini bank Syariah Indonesia (BSI), dalam kegiatan ini anak-anak lebih Nampak antusias dalam mengikuti pembelajaran ini yang memang meteri yang disampaikan sesuai dengan kondisi ril yang ada di dunia kerja berbeda dengan model pembelajan oleh guru yang di sekolah.

Kepala sekolah juga sangat mendukung dan berharap kegiatan seperti ini sering diadakan untuk menambah wawasan siswa mengenai dunia kerja dan dunia usaha. Karena memang siswa lulusan SMK disiapkan untuk masuk ke dunia kerja.

Outputnya adalah siswa dapat memahami budaya kerja di industri. Karena pada dasarnya budaya kerja di sekolah dengan industri sangat berbeda, dan hal tersebut dapat berpengaruh pada mentalitas siswa jika tidak adanya pembekalan seperti ini.

“Kami berharap kegiatan ini dapat berkesinambungan dan banyak industri yang dapat bekerjasama untuk menjadi narasumber dalam kegiatan guru tamu,” tutur JokoTriyanto.

SMK Negeri 1 Peusangan Menggandeng BSI dalam Program Guru Tamu

SMK Negeri 1 Peusangan Menggandeng BSI dalam Program Guru Tamu

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan yang jatuh pada jadwal: Hari Jumat pada Tanggal..
Diterbitkan :
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan penentuan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan untuk mengecek..
Diterbitkan :
Jadwal Ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) TP. 2021-2022 SMK Negeri 1 Peusangan
Sehubungan dengan akan dilaksanakannya ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi peserta didik kelas X dan..