Info Sekolah
Selasa, 23 Jul 2024
  • Selamat Datang di Halaman Website SMK Negeri 1 Peusangan
16 Desember 2023

SMK NEGERI 1 PEUSANGAN RAIH JUARA II LOMBA SEKOLAH SEHAT TINGKAT KABUPATEN BIREUEN

Sabtu, 16 Desember 2023 Kategori : Berita

SMK Negeri 1 Peusangan kembali meraih penghargaan tingkat kabupaten. Ya, prestasi kali ini ditorehkan dalam ajang Lomba Sekolah Sehat (LSS), pada hari Jum’at (15/12/2023) malam, yang di umumkan pada malam Anugerah Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Bireuen dan CSR Award Tahun 2023, bertempat di Hotel Fajar Bireuen, SMKN 1 Peusangan dinobatkan sebagai Juara II Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Kabupaten Bireuen pada jenjang SMA/SMK/MA dan Dayah.

Piagam penghargaan dan hadiah diterima secara langsung oleh Kepala SMKN 1 Peusangan Joko Triyanto, ST yang didampingi Pembina UKS Zuryana, SPd mewakili seluruh warga SMKN 1 Peusangan, yang diserahkan Pj. Bupati Bireuen Aulia Sofyan, Ph.D. yang diwakili Sekda Kabupaten Bireuen Ir. Ibrahim Ahmad, MSi. LSS sendiri merupakan agenda yang diinisiasi melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri, yakni Mendikbudristek, Menkes, Menag dan Mendagri. Trias UKS, meliputi pendidikan dan pelayanan kesehatan, serta pembinaan lingkungan sekolah sehat, menjadi penilaian utama dalam Lomba sekolah sehat ini.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bireuen, Abdul Hamid, SPd MPd memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada sekolah yang malam ini diumumkan sebagai juara sekolah sehat di bawah jajarannya. “Dengan keberhasilan di LSS, berarti sekolah telah menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di kalangan warga sekolah, mulai dari siswa, guru, tenaga kependidikan, atau komite. Dan ini patut di contoh oleh sekolah-sekolah lainnya baik SMA, SMK, ataupun SLB, “ujar Hamid.

Menurut Kepala SMKN 1 Peusangan, Joko Triyanto, ST banyak poin penting yang menjadi tolak ukur dan perhatian tim penilai dalam melaksanakan penilaian lomba sekolah sehat bulan November yang lalu. Bagaimana tidak, tim penilai LSS mengamati kehidupan, serta kebersihan lingkungan, yang ada di sekolah, mulai dari kebersihan dan kerapian lingkungan, ruang kelas, ruang guru, runag kantor, kantin, ketersediaan air bersih, WC yang layak, penghijauan sekolah, dan ruang UKS yang memadai mulai dari administrasi, fisik ruangan UKS, ketersediaan obat obatan, pelayanan pada siswa dan guru, juga kantin sekolah, greenhouse, kamar mandi, taman sekolah, tanaman buah, sampai toga sampai kerjasama dengan pihak terkait misalnya puskesmas terdekat.

 

Joko selaku kepala sekolah juga menjelaskan, penghargaan yang diraih SMKN 1 Peusangan tersebut, tidak terlepas pula dari peran aktif siswa, guru, tendik, komite, puskesmas Peusangan dan muspika setempat. Oleh sebab itu, imbuhnya, pihak sekolah membentuk kader UKS dan satuan kerja, yang diisi oleh para siswa, guna menangani berbagai kegiatan yang menyangkut dengan pelaksanaan kegiatan di lapangan.

“Kami juga mengucapkan Terima kasih dan apresiasi kepada tim pembina UKS Kabupaten Bireuen, Kapolsek Peusangan, Danramil peusangan, Camat Peusangan, dan Puskesmas Peusangan yang telah membina kami dan mendukung SMKN 1 peusangan sehingga mampu meraih hasil yang terbaik, ” Ujar Joko.
Semoga dengan prestasi ini dapat menjadikan SMKN 1 Peusangan sebagai sekolah pilihan dan kebanggaan masyaraka bireuen khususnya masyarakan peusangan”, harap Kepala SMKN 1 Peusangan.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan yang jatuh pada jadwal: Hari Jumat pada Tanggal..
Diterbitkan :
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan penentuan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan untuk mengecek..
Diterbitkan :
Jadwal Ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) TP. 2021-2022 SMK Negeri 1 Peusangan
Sehubungan dengan akan dilaksanakannya ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi peserta didik kelas X dan..