Materi Desain Media Interaktif Kelas 12 Multimedia – Media Interaktif adalah alat bantu berbasis multimedia yang bisa menjabarkan pesan atau informasi dari guru ke siswa yang dalam prosesnya terjadi komunikasi aktif 2 arah antara multimedia dengan pengguna atau yang tujuannya untuk mempermudah proses pembelajaran.
Manfaat Multimedia Interaktif dalam bidang Pendidikan / Khususnya Pembelajaran
Sedangkan keunggulan multimedia dalam hal pembelajaran antara lain sebagai berikut :
Secara umum manfaat Multimedia Interaktif dapat dijadikan media :
Media Interaktif Berbasis E-Learning
Media Interaktif Berbasis Web / Situs Online
Media Interaktif Berbasis Software
Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari: teks, grafik, audio,dan interaktivitas.
Teks
Teks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk, ukuran dan warna. Sauan dari ukuran suatu teks terdiri dari length dan size. Length biasanya menyatakan banyaknya teks dalam sebuah kata atau halaman. Size menyatakan ukuran besar atau kecil suatu huruf. Stabdar teks memiliki size 10 atau 12 poin.
Grafik
Grafik adalah suatu medium berbasis visual. Seluruh gambar dua dimesi adalah grafik. Apabila gambar di render dalam bentuk tiga dimesi (3D), maka tetap disajikan melalui medium dua dimensi. Hal ini termasuk gabar yang disajikan melalui medium dua dimensi. Hal ini termasuk gambar yang disajikan lewat kertas, televisi ataupun layar monitor. Grafik bisa saja menyajikan kenyataan (reality) atau hanya berbentuk iconic.
1. Industri Kreatif
Industri kreatif menggunakan multimedia untuk berbagai keperluan, mulai dari seni, untuk hiburan, dan untuk seni komersial.
2. Komersial
Presentasi yang menarik digunakan untuk menjaga perhatian dalam periklanan. Bisnis dan komunikasi seringkali dikembangkan oleh tim kreatif perusahaan untuk menawarkan menjual ide maupun dalam pelatihan dalam bentuk presentasi multimedia.
3. Hiburan dan Seni Rupa
Selain itu, multimedia ini berisi banyak digunakan dalam industri hiburan, khususnya untuk mengembangkan efek khusus dalam film dan animasi. Permainan populer dalam multimedia sebagaimana permainan dan program perangkat lunak yang telah tersedia, baik terdistribusi dalam CD-ROM maupun online. Beberapa video games mengajak pengguna untuk berpartisipasi aktif, bukan hanya duduk sebagai penerima pasif informasi.
4. Pendidikan
Dalam pendidikan, multimedia digunakan untuk memproduksi pelatihan berbasis komputer dan buku referensi, seperti ensiklopedia dan almanacs yang memungkinkan pengguna melalui serangkaian modul presentasi, teks tentang topik tertentu, dan gambar yang terkait dalam berbagai format informasi. Informal Edutainment adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan menggabungkan pendidikan dengan hiburan multimedia. Belajar teori dalam dekade terakhir telah berkembang dramatis karena pengenalan multimedia.
5. Teknik
Perangkat lunak dapat menggunakan multimedia dalam menciptakan simulasi komputer untuk sebagai hiburan dan pelatihan, seperti pelatihan militer dan industri. Multimedia sebagai desain antarmuka yang sering dilakukan sebagai sebuah kolaborasi antara kreativitas dan perangkat lunak.
6. Perindustrian
Disektor industri, multimedia digunakan sebagai cara untuk menyajikan informasi untuk membantu pemegang saham, rekan kerja, dan atasan. Multimedia ini juga bermanfaat untuk memberikan pelatihan karyawan, periklanan, dan penjualan produk di seluruh dunia hampir tak terbatas melalui web berbasis teknologi.
7. Matematika dan Penelitian Ilmiah
Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia dipakai teurtama untuk modelling
dan simulasi. Misalnya, seorang ilmuwan dapat melihat pada model molekular tertentu dari substansi dan memanipulasinya untuk tiba pada suatu zat baru. Perwakilan penelitian dapat ditemukan dijurnal seperti Journal of Multimedia.
8. Kesehatan
Dalam pengobatan, dokter dapat dilatih dengan melihat virtual operasi atau mereka dapat mensimulasikan bagaimana tubuh manusia yang terkena penyakit menular oleh virus dan bakteri kemudian mengembangkan teknik untuk mencegahnya.
9. Gambar Dokumen
Pengambil foto copy/dokumen dan mengonversi ke dalam format digital.
A. Pengertian Multimedia Interaktif
B. Jenis Multimedia Interaktif
C. Manfaat Multimedia Interaktif
D. Konsep Dasar Multimedia Interaktif
E. Website Multimedia Interaktif
A. Flowchart Multimedia Interaktif
B. Storyboard Multimedia Interaktif
C. Format Storyboard dan Komponen
A. Manfaat Interface Bagi Pengguna
B. Prinsip Desain User Interface
A. Pengenalan Aplikasi
B. Toolbox
C. Fitur Adobe Flash
D. Multimedia Interaktif Berbasis Halaman Web
Uji Kompetensi
B. Bekerja dengan Program Berbasis Web
C. Bekerja dengan Program Media Interaktif
A. Struktur Navigasi
B. Perancangan Struktur Navigasi
D. Fungsi Web
E. Jenis Website
F. Mengukur Mutu Website
G. Aplikasi Online untuk Membuat Survei
H. Membuat Kuesioner Menggunakan Google Form
A. Dasar Penulisan Action Script dalam Flash
B. Pola Penulisan Action Script dalam Flash
C. Pola Penulisan Action Script pada Movieclip
D. Pola Penulisan Action Script pada Frame
E. Kesalahan Action Script
F. Kesalahan Logika Action Script
Lembar Kerja Siswa
A. Actionscript Navigasi
B. ActionScript Mengontrol Movie Klip
C. ActionScript Mengontrol Suara
D. ActionScript Mencetak Movie Flash
Uji Kompetensi
A. Pengolahan Data Adobe Flash
B. Bekerja dengan Input Text
C. Bekerja dengan Dynamic Text
D. Action Script Pengolahan Data
Uji Kompetensi
A. Media Interaktif Sebagai Sarana Publikasi dalam Teknologi Mendatang
B. Brosur Interaktif Berbasis Augmented Reality
C. Publikasi Pada Android
Evaluasi
A. Konsep Pengembangan Multimedia Interaktif
B. Pembuatan Media Interaktif
C. Membuat Game Berhitung
Uji Kompetensi
A. Pengertian Evaluasi Produk Multimedia
B. Penilaian Multimedia Interaktif
C. Kelebihan dan Kekurangan Multimedia Interaktif
Tinggalkan Komentar