Info Sekolah
Rabu, 17 Agu 2022
  • Selamat Datang di Halaman Website SMK Negeri 1 Peusangan

Unsur – Unsur Website

Kamis, 7 Juli 2022 Oleh : smkn1psgn

Unsur – Unsur Website – Peran internet dalam kehidupan sehari-hari saat ini begitu dibutuhkan. Salah satu hal yang penting dalam internet adalah website. Berbagai informasi yang bisa didapat dari internet disampaikan dan diakses melalui website. Termasuk saat ini, Anda sedang membaca tulisan ini melalui sebuah website. Tanpa website, mungkin peran internet tidak akan sesempurna sekarang.

Website merupakan halaman yang terdapat di internet, yang dapat diakses dengan menggunakan browser. Website menuliskan URL atau link untuk membuka website tersebut. 

Pada awalnya situs web dibuat pertama kali oleh Berners-Lee, yang merupakan penemu World Wide Web atau yang disebut dengan WWW, pada tahun 1984. Kemudian website tersebut bisa diakses secara online pada tahun 1991.

Di zaman sekarang banyak sekali website yang bisa diakses secara gratis, dan bisa dimiliki secara gratis oleh individu, organisai, kelompok atau perusahaan. Bahkan banyak sekali yang menggunakan website, sebagai situs berdagang dan mencari uang secara online.

Website juga memiliki banyak fungsi lainnya, seperti untuk mengakses pendidikan, mencari berita terkini, hingga digunakan untuk tempat mencari pekerjaan. Berikut unsur yang harus ada di dalam website, dan beberapa jenis website serta manfaat menggunakan website, dilansir dari berbagai sumber:

Unsur – Unsur Website

Saat membuat website, ada tiga unsur wajib yang harus ada, agar website bisa diakses oleh pengguna internet, yaitu domain, hosting dan konten.

Unsur yang pertama yaitu domain. Domain merupakan sebuah nama dari website yang kamu buat. Domain sama halnya dengan merek seperti pada sebuah produk. Saat memberikan nama domain, sebaiknya menggunakan nama yang menarik dan mudah dibaca, agar orang mudah mengingat nama website tersebut.

Unsur yang kedua adalah hosting. Hosting sangat penting dalam pembuatan website, karena hosting memiliki fungsi sebagai penyimpan data internet di dalam sebuah website. Hosting bisa menyimpan berbagai file seperti gambar, video, lagu dan lain sebagainya, yang bisa diakses oleh pengguna internet yang mengunjungi website, dan pemilik website itu sendiri.

Unsur yang terakhir dan tak kalah penting yaitu konten. Konten merupakan unsur yang penting, karena konten merupakan isi dari website tersebut. Semakin bagus konten yang kamu tulis atau unggah di dalam website, maka akan semakin banyak pengunjung yang akan mengunjungi website mu.

Untuk memperluas pemahaman mengenai website maka berikut unsur-unsur website yang harus diketahui.

1. Nama Domain

Nama domain atau domain name merupakan alamat website dalam internet yang dapat mengidentifikasi sebuah website dan memudahkan pengguna internet lain untuk dapat menemukan website yang telah kita buat di internet. Nama domain bisa disebut juga sebagai URL atau Uniform Resource Locator. Nama domain dibedakan menjadi dua jenis yakni generic domains dan country specific domains.

Generic domains merupakan domain yang tidak berafiliasi dengan negara, institusi, dan lain-lain. Oleh karena itu, jenis ini dapat digunakan oleh siapapun. Ciri-ciri generic domains adalah pada akhir alamat berakhiran dengan .net, .org, .edu, .gov, .com, dan .mil. Sedangkan country specific domains merupakan domain yang berafiliasi dengan negara dan memiliki tujuan tertentu sesuai dengan institusi atau organisasi. Domains ini bercirikan dengan alamat yang berakhiran .ac.id, .go.id, .mil.id, .or.id, .sch.id, web.id, .co.id, .au, .jp, dan lain sebagainya.

2. Hosting

Hosting merupakan tempat yang dapat menyimpan file, data, gambar, video, web, dan lain-lain yang dapat ditampilkan dalam website. Semakin besar ukuran data atau file yang akan digunakan dalam website maka akan semakin besar pula ukuran ruang penyimpanan hosting yang diperlukan. Hosting dapat digunakan sebagai tempat penyewaan, kepemilikan dengan membayar dengan harga tertentu, dan ada yang tanpa dipungut biaya namun terbatas dengan ruang penyimpanan dan layanan lainnya.

Penyewaan hosting dilakukan oleh perusahaan yang menyediakan jasa penyewaan web hosting, perusahaan tersebut sudah banyak ditemui baik dalam negeri maupun luar negeri. Ukuran hosting dapat diketahui melalui besarnya mega byte maupun giga byte. Hosting memiliki beberapa jenis antara lain : shared hosting, cloud hosting, VPS atua Virtual Private Server, WordPress Hosting, Manage WordPress, dan Dedicated Server. Setiap jenis-jenis hosting memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, serta tergantung tujuan penggunaan.

3. Bahasa Program

Bahasa program atau scripts program merupakan bahasa yang dipakai dalam mengartikan setiap instruksi dalam website ketika sedang diakses. Website yang interaktif dan akan terlihat bagus jika menggunakan beberapa bahasa program. Jenis-jenis bahasa program antara lain : Java Scripts, Java Applets, JSP, PHP, ASP, dan HTML. Dari beberapa jenis tersebut biasanya yang paling sering digunakan yakni HTML sebab jenis bahasa program lain bersifat sebagai pengatur interaktif.

Dalam bahasa program memiliki tiga tingkatan, antara lain : Pertama, bahasa program tingkat rendah atau low-level yang berisikan perintah dengan memakai kode biner yang langsung diproses oleh komputer tanpa proses kompilasi. Kedua, bahasa program tingkat menengah atau mid-level yang berisikan perintah dengan memakai kode mnemonic seperti STOLOD, JMP, SUB, dan lainnya. Serta ketiga, bahasa program tingkat tinggi atau high-level berisikan perintah dengan memakai bahasa yang mudah dimengerti manusia seperti Bahasa Inggris.

4. Desain Website

Unsur website selanjutnya adalah desain website yang tak kalah penting untuk diperhatikan sebab desain website menjadi penentu dalam melakukan penilaian kualitas website. Untuk memperindah sebuah website, pengguna internet dapat melakukannya secara mandiri maupun melalui penyedia jasa desain website. Hal tersebut dilakukan dengan berdasarkan wawasan yang luas mengenai beragam program dan layanan software pendukung dalam pembuatan agar hasil website lebih berkualitas.

Dengan desain website maka akan membantu pengelola website untuk menarik pengunjung internet secara visual. Beberapa hal yang menjadi komponen penting dalam mendesain sebuah website antara lain : Pemilihan tata letak konten, gambar, komposisi warna, tema website, dan ukuran setiap komponen. Gambar yang ada di website biasanya memiliki ukuran di atas 300 KB, semakin tinggi ukuran maka semakin bagus tampilan dan kualitas sebuah website.

5. Hypertext Transfer Protocol

Pada unsur ini biasa disingkat sebagai HTTP yang berfungsi sebagai respon atas instruksi yang ada pada suatu protokol. Protokol yang digunakan dalam HTTP adalah world wide web atau www. Cara kerja dari HTTP adalah ketika pengguna menuliskan sebuah alamat URL sama saja dengan browser mengirimkan instruksi HTTP ke server. Server menerima dan melakukan eksekusi kemudian hasilnya dikirim kembali ke browser kepada pengguna.

Dalam proses pengiriman tersebut data yang digunakan memakai format HTML atau Hypertext Transfer Protocol. HTML ini berfungsi sebagai mempercantik tulisan pada website, sarana berbagi informasi dengan membuat halaman website, menjadi pondasi website dengan CSS, dapat menandai teks pada bagian halaman website, serta dapat mengarahkan pengguna atau pun pengunjung ke halaman website lainnya.

6. World Wide Web

Pada unsur ini biasa disingkat sebagai WWW yang merupakan fasilitas yang sering dipakai dan memiliki perkembangan yang sangat progresif sebab dapat mengirimkan informasi dengan format multimedia. Untuk mengakses fasilitas maupun fitur yang ada pada WWW maka pengguna harus menggunakan browser. Jenis-jenis browser yang perlu pengguna ketahui antara lain : Lynx, NCSA, Arena, Internet Explorer, Netscape Navigator, Mosaic, dan lain sebagainya.

Beberapa fungsi WWW antara lain : Pertama, sebagai web mail service maka WWW dapat memberikan layanan bagi pengguna untuk dapat meninjau, mengirim, dan menerima email melalui browser masing-masing pengguna. Kedua, sebagai search engine maka WWW mempermudah dalam merangkum seluruh website yang ada di dunia sekalipun. Ketiga, sebagai layanan yang dapat mentransfer halaman web ke internet. Dan keempat sebagai portal yang bertindak sebagai akses informasi yang tersedia seperti gmail,com, facebook.com, dan lain-lain.

7. Publikasi

Unsur berikutnya adalah mengenai publikasi. Dalam website yang sudah dibuat dapat dipublikasi berdasarkan tujuan dan arah website tersebut. Keberadaan website tanpa pengunjung bagaikan tong kosong berbunyi nyaring, tidak ada gunanya membuat website tanpa ada yang mengunjungi. Website dibuat sebagai media dalam menyampaikan pesan kepada khalayak luas seperti masyarakat melalui pempublikasian.

Semakin tinggi jumlah pengunjung yang datang maka akan dinilai semakin efektif informasi yang disampaikan melalui website. Agar website lebih dikenal secara meluas maka yang perlu dilakukan adalah mempromosikan website dengan cara memasang iklan, membuat baliho, menyebarkan pamflet-pamflet, dan lain-lain. Salah satu cara yang paling efektif adalah memasang ads melalui search engine seperti google.

8. Pemeliharaan

Unsur terakhir yang perlu ada dalam website adalah pemeliharaan. Website yang baik dapat secara terus-menerus melakukan perbaikan seperti menambah informasi, meningkatkan tampilan desain, menambah informasi baru, dan dari waktu ke waktu rajin untuk di update. Cara-cara tersebut dilakukan agar pengunjung tidak bosan dengan website dan menarik baik pengunjung lama maupun baru untuk terus berkunjung dalam website yang kita bangun.

Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Pada awalnya, website dibuat hanya untuk membuat tulisan yang berupa informasi atau berita saja. Tapi zaman sekarang website semakin berkembang pesat, dan memiliki beberapa jenis berdasarkan fungsinya.

Jika ingin membuat website, usahakan untuk menentukan tema dan tujuan pembuatan website, agar tidak salah dalam memilih jenis website.

Website Pribadi

Jenis website berdasarkan fungsinya yang pertama adalah website pribadi. Website pribadi atau yang biasa disebut dengan blog, biasanya digunakan untuk membuat tulisan-tulisan yang bersifat pribadi atau personal. Website pribadi dimiliki oleh seseorang yang biasanya disebut dengan blogger.

Website pribadi berisi tentang tulisan tentang pengalaman, tips dan trik, ulasan, buku harian, cerpen, hingga foto-foto yang diunggah oleh blogger dalam blog miliknya.

Website pribadi biasanya memiliki nama domain yang berkaitan dengan isi website tersebut, misalnya domain yang menggunakan tema makanan, berarti website tersebut berisikan tentang konten yang berupa makanan, berdasarkan ulasan, pengalaman, foto-foto atau resep makanan yang dibuat oleh pemilik blog.

Toko Online

Berdasarkan fungsinya, ada juga jenis website yang digunakan untuk toko online. Selain berjualan online dengan membuat akun di media sosial, juga bisa membuat website untuk berdagang.

Dengan adanya website, kamu bisa menjelaskan tentang produk jualanmu secara lengkap dan terperinci. Sehingga calon pembeli akan tertarik untuk membeli produkmu. Website online juga bisa membantu dalam hal mencatat dan mengevaluasi daganganmu, dengan adanya bantuan dari Google Analitik.

Website Perusahaan

Jenis yang berikutnya adalah website perusahaan. Website ini memiliki fungsi untuk menyebarkan informasi yang terkait dengan sebuah perusahaan atau instansi. Website perusahaan bisa membantu menambahkan kepercayaan kepada orang, yang akan mendaftar kerja ditempat perusahaanmu.

Website perusahaan juga memiliki fungsi untuk mempromosikan perusahaan, agar perusahaan tersebut lebih dikenal oleh masyarakat umum, baik tentang latar belakang perusahaan, visi dan misi perusahaan, serta alamat perusahaan.

Website perusahaan ini, sama fungsinya dengan website yang dibuat untuk pemerintah dan organisasi. Namun biasanya website organisasi menggunakan domain org dan website pemerintah menggunakan domain .go.id.

Website Berita

Jenis website yang selanjutnya adalah website berita. Website berita ini memiliki isi tentang artikel berita. Website berita ini sering kali diakses oleh pengguna internet, karena berita merupakan sumber informasi terkini, baik berita yang sedang viral hingga berita atau artikel tips dan trik.

Website Streaming

Jenis website yang selanjutnya adalah website streaming. Website streaming ini juga sering diakses oleh pengunjung, karena website ini digunakan untuk streaming film, nonton konser, dan menonton acara live streaming yang hanya bisa di akses melalui website streaming.

Manfaat Website

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari website. Jika Sahabat Fimela memiliki website, maka website bisa membantumu untuk meningkatkan personal branding, agar lebih dikenal di masyarakat lewat tulisan, foto atau video yang diunggah di website.

Website juga bisa membantu mempermudah transaksi jual beli secara online, menambah wawasan, mempermudah mencari informasi, hingga membantu menambah relasi atau kenalan secara online.

Selain itu, dengan adanya website, kamu bisa mendapatkan tambahan uang dari website pribadi, menggugah video live streaming, dan uang yang didapatkan dari jualan online.

Tulisan Lainnya

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan penentuan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan untuk mengecek..
Diterbitkan :
Jadwal Ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) TP. 2021-2022 SMK Negeri 1 Peusangan
Sehubungan dengan akan dilaksanakannya ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi peserta didik kelas X dan..
Diterbitkan :
Jadwal Ujian Sekolah Berbasis Komputer Kelas XII SMK Negeri 1 Peusangan
Berdasarkan Hasil Keputusan MKKS SMK Kab. Bireuen dan juga Pedoman Teknis USP SMK – MKKS..