Info Sekolah
Selasa, 23 Jul 2024
  • Selamat Datang di Halaman Website SMK Negeri 1 Peusangan

Perangkat Lunak Berbasis Bitmap

Kamis, 30 Juni 2022 Oleh : smkn1psgn

Perangkat Lunak Berbasis Bitmap – Grafik (citra) bitmap juga dikenal dengan istilah raster. Citra bitmap menggunakan titik-titik berwarna yang disebut pixel (pic-ture element). Pixel-pixel tersebut ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu dengan nilai-nilai warna tersendiri dan secara keseluruhan akan membentuk tampilan.

Tampilan bitmap mampu menunjukan kehalusan gradasi dan warna dari sebuah gambar. Oleh karena itu format bitmap paling tepat digunakan untuk gambar-gambar dengan gradasi warna yang rumit seperti foto dan lukisan digital. Namun, format bitmap mempunyai kelemahan dimana setiap tampilan sangat tergantung pada resolusi gambar (istilahnya: resolution dependent), artinya setiap gambar mempunyai jumlah pixel yang pasti (tetap). Akibatnya gambar bisa kehilangan detail dan juga terlihat “kotak-kotak”(jagged) jika ukurannya diperbesar atau jika resolusinya diperkecil dari resolusi aslinya. Citra dengan format bitmap ini memerlukan ruang pemyimpanan data yang relatif besar, sebanding dengan ukuran dan resolusi yang dimilikinya.

Dalam bentuk file citra bitmap biasannya memiliki format *.bmp, *. Jpg, *jpeg, *. Tif, *. Tiff, ataupun *. Png. Gambar yang dihasilkan.

Apa itu bitmap?

Bitmap adalah format file gambar yang dapat digunakan untuk membuat dan menyimpan grafis komputer. Jika dilihat dari jauh, file bitmap menampilkan titik-titik kecil dalam pola yang secara keseluruhan menciptakan sebuah gambar. Secara harfiah, bitmap adalah peta bit yang membentuk gambar tertentu ketika ditampilkan pada layar komputer atau layar ponsel.

Bitmap terbuat dari gambar yang dipecah menjadi unit terkecil bernama piksel. Setiap piksel sebenarnya adalah kotak yang sangat kecil yang diberi warna kemudian diatur dalam pola untuk membentuk gambar. Dalam bentuk yang paling sederhana, bitmap hanya memiliki dua warna yaitu hitam dan putih. Seiring meningkatnya kompleksitas, cakupan warna berkembang menjadi lebih banyak sehingga sebuah gambar dapat memiliki jutaan warna.

Bitmap dapat menyimpan begitu banyak informasi dalam resolusi tinggi sehingga dapat menghasilkan gambar yang sangat indah. Sayangnya gambar bitmap tidak dapat diubah skalanya dengan baik sehingga ketika diperbesar, gambar akan menjadi buram dan kabur.

Kapan waktu bitmap digunakan?

Desainer biasanya lebih memilih untuk menggunakan bitmap untuk keperluan berikut ini.

1. Untuk kebutuhan digital

Biasanya saat desainer membutuhkan gambar untuk diletakkan di situs web contohnya untuk menampilkan gambar produk, menu restoran, foto destinasi wisata, dan lainnya. Desainer memilih gambar bitmap karena tampilan gambarnya lebih menarik secara visual di layar digital yang resolusinya relatif lebih rendah dibandingkan media cetak. Jika ingin mencetak gambar bitmap, resolusinya harus disesuaikan kira-kira 300 dpi, dapat disesuaikan lagi dengan format cetakan yang diinginkan, agar hasil cetakan gambar yang dihasilkan mulus dan terlihat berkualitas tinggi.

2. Untuk kebutuhan foto

Saat menggunakan foto dalam desain, bitmap dipilih karena foto terdiri dari piksel yang membuatnya lebih mudah untuk diubah menjadi versi bitmap. Pengeditan juga akan lebih mudah dilakukan dan transisi dari satu warna ke warna lain jauh lebih mulus.

3. Untuk kebutuhan pengeditan detail

Saat kamu ingin melakukan pengeditan dengan jauh lebih terperinci contohnya mengubah profil warna pada setiap pikselnya. Pengeditan lain seperti menambahkan efek contohnya bayangan jatuh, mengubah kontras, atau membuat garis terlihat lebih halus.

4. Untuk kebutuhan gambar agar terlihat realistis

Kualitas gambar bitmap memiliki kualitas yang lebih realistis dibandingkan gambar vektor. Sehingga bitmap dipilih karena memiliki lebih banyak kontrol atas profil warna bit atau piksel yang membentuk hasil akhir gambar terlihat lebih nyata. Pada aplikasi ponsel misalnya, desainer menggunakan gambar bitmap berkualitas tinggi untuk menarik perhatian pengguna dan mendorong mereka berinteraksi dengan produk. Melalui gambar yang kualitasnya mirip aslinya, desainer menggunakan kesempatan ini untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan keinginan pengguna untuk ikut serta pada kampanye atau kegiatan yang sedang ditawarkan di aplikasi tersebut.

Kelebihan dan kekurangan bitmap

Grafis bitmap mudah dibuka hampir di perangkat apapun, namun di samping kelebihannya, gambar bitmap juga memiliki kekurangan. Kelebihan dan kekurangan grafis bitmap adalah sebagai berikut.

Kelebihan

Kelebihan grafis bitmap yang paling utama adalah format grafisnya yang mendukung untuk mudah dibuka di berbagai perangkat seperti ponsel dan komputer. Grafis berbasis bitmap juga sering sekali digunakan untuk berbagai hal karena menghasilkan hasil warna yang cenderung lebih alami. Hal ini dikarenakan file bitmap dapat menyimpan banyak informasi warna sehingga sangat berguna pada file foto.

Kekurangan

Salah satu kekurangan terbesar grafis bitmap adalah gambarnya yang pecah saat diperbesar. Hal ini akan mempengaruhi keputusanmu dalam mengubah ukuran gambar bitmap. Semakin kamu mengubah ukurannya menjadi lebih kecil, maka kemungkinan gambar buram akan semakin besar. Dengan fakta tersebut, dapat disimpulkan pula bahwa kualitas gambar bitmap cenderung lebih buruk daripada vektor. Walaupun ukuran file yang dihasilkan oleh grafis bitmap tergolong lebih besar daripada grafis vektor.

Perangkat Lunak Berbasis Bitmap

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah aplikasi yang biasanya digunakan untuk mengedit foto dan gambar. Software ini menjadi salah satu rekomendasi untuk mengolah gambar berbasis bitmap. Format file yang dihasilkan dari software ini di antaranya adalah JPG, PNG, JPEG, JPE, dan lain-lain.

2. Microsoft Paint

Software yang satu ini merupakan perangkat lunak bawaan dari program Microsoft yang memiliki tampilan cukup sederhana sehingga mudah digunakan untuk mengedit gambar.

3. PaintShop Pro

Software ini merupakan aplikasi pengolah gambar untuk kebutuhan editing foto dan pengolahan desain lainnya. PaintShop Pro adalah software buatan Corel yang memiliki teknologi koreksi gambar yang kuat dan sempurna bernama Athentech Imaging.

4. Corel Photo-Paint

Software ini juga buatan perusahaan Corel untuk mengolah gambar berbasis bitmap. Corel Photo-Paint banyak digunakan fotografer untuk mengedit foto karena menyediakan banyak efek seperti yang terdapat pada Adobe Photoshop.

5. GIMP

GIMP adalah perangkat lunak untuk mengedit foto yang menyediakan bermacam-macam fitur yang mudah digunakan. Software ini bersifat open source, sehingga dapat digunakan untuk mengubah kode sumber dan dapat digunakan secara gratis.

Itulah sebagian pembahasan Perangkat Lunak Berbasis Bitmap, Sekian dan Terimakasih, Semoga Bermanfaat.

Tulisan Lainnya

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan yang jatuh pada jadwal: Hari Jumat pada Tanggal..
Diterbitkan :
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan penentuan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan untuk mengecek..
Diterbitkan :
Jadwal Ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) TP. 2021-2022 SMK Negeri 1 Peusangan
Sehubungan dengan akan dilaksanakannya ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi peserta didik kelas X dan..