Contoh Soal Pendidikan Matematika – 20 contoh soal UAS mata pelajaran Matematika untuk kelas 12 SMA SMK MA pilihan ganda lengkap.
Pada 20 contoh soal UAS pilihan ganda Matematika kelas 12 SMA SMK MA berikut ini sudah dilengkapi dengan kisi-kisi dan kunci jawaban.
Dengan adanya kisi-kisi dan kunci jawaban pada 20 contoh soal UAS pilihan ganda mata pelajaran Matematika ini tentunya akan sangat membantu siswa siswi kelas 12 SMA SMK MA dalam memahami soal pada ujian akhir semester 1.
Contoh Soal Pendidikan Matematika – 20 contoh soal UAS Matematika ini diprediksi akan ada pada saat ujian akhir semester 1 kelas 12 SMA SMK MA, oleh karena itu siswa-siswi harus segera mempersiapkan diri dari segala dengan cara mempelajari soal-soal berikut ini.
1. Jika x dan y adalah solusi dari sistem persamaan 4x + y = 9 dan x + 4y = 6, maka nilai 2x + 3y.
A. 6
B. 7
C. 8
D. 9
E. 10
Jawaban: D
2. Persamaan garis vertikal dengan 2x – 3y + 8 = 0 dan melalui titik (-3.2) adalah.
A. -2x + 3y-12 = 0
B. 3x + 2y + 5 = 0
C. 3x + 2y-13 = 0
D. 2x + 3y = 0
E. 3x + 2y = 0
Jawaban: E
3. Peluru ditembakkan ke atas pada kecepatan awal vo m / detik. Ketinggian lantai setelah t detik dinyatakan oleh fungsi h (t) = 100 + 40t – 4t2. Tinggi maksimum yang bisa dicapai bola adalah.
A. 400 m
B. 300 m
C. 200 m
D. 100 m
E. 50 m
Jawaban: D
4. Kemampuan petani untuk mengolah sampah menjadi kompos dari hari ke hari semakin baik. Pada hari pertama ia mampu mengolah 2 m3 sampah, pada hari kedua 5 m3 sampah dan pada hari ketiga 8 m3 sampah. Pada hari ke 10, petani dapat memproses limbah berikut.
A. 29 m3
B. 56 m3
C. 100 m3
D. 155 m3
E. 16029 m3
Jawaban: C
5. Persamaan grafik fungsi kuadrat dalam ilustrasi di seberang adalah.
A. Y = -x2 + 4x + 5
B. Y = 5 – 4x – x2
C. Y = -x2 – 4x + 5
D. Y = x2 – 2x + 5
E. Y = -x2 + 2x + 5
6. Persamaan garis lurus melalui titik (8, 0) dan (0, 6) adalah.
A. 8x + 6 y = 48
B. 6x + 8y = 48
C. 8x + 6th> 48
D. 6x + 8tahun <48
E. 6x -8y = 483
Jawaban: E
7. Nilai maksimum f (x, y) = 3x + 2y dalam kisaran solusi sistem ketidaksetaraan linear 4x + 3y≤ 12, 2x + 6y≤ 12, x≥0, y≥0 adalah.
A. 18
B. 9
C. 8
D. 26 / 3
E. 25 / 35
Jawaban: A
8. Pedagang kaki lima memiliki modal Rp1.000.000,00 untuk membeli 2 jenis celana. Celana masing-masing seharga Rp 25.000 dan celana pendek seharga Rp 20.000. Maksimal 45 kantong untuk membuang sampah. Jika jumlah celana adalah x dan jumlah celana adalah y, sistem ketimpangan terpenuhi .
A. 5x + 4y ≤ 400; x + y ≤ 400; x ≥ 0; y ≥ 0
B. 4x + 5thn ≤ 400; x + y ≤ 400; x ≥ 0; y ≥ 0
C. 5x + 4thn ≤ 200; x + y ≤ 45; x ≥ 0; y ≥ 0
D. 4x + 5thn ≤ 200; x + y ≤ 45; x ≥ 0; y ≥ 0
E. 5x + 4thn ≤ 45; x + y ≤ 200; x ≥ 0; y ≥ 07
9. Petani ikan hias memiliki 20 kolam dan dapat memasok koki dan ikan koi. dengan hingga 24 koki ikan dan hingga 36 ikan koi. maka angka maksimum adalah 600. dan model matematika diperlukan.
A. + y ≥ 20, 3x + 2y ≤ 50, x≥ 0, y ≥ 0
B. x + y ≥ 20, 2x + 3y ≥ 50, x ≥ 0, y ≥ 0
C. x + y ≤ 20, 2x + 3y ≥ 50, x≥ 0, y ≥ 0
D. x + y ≤ 20, 2x + 3y ≤ 50, x ≥ 0, y ≥ 0
E. x + y ≤ 20, 3x + 2y ≥ 50, x ≥ 0, y ≥ 09.
Jawaban: C
10. Penjual buah menjual dua jenis buah, yaitu mangga dan lengkeng. Dia membeli mangga seharga 12.000 rupee per kilogram dan menjualnya dengan harga 16.000 rupee per kilogram. Dia membeli buah lengkeng dengan harga 9.000 rupee per kilogram dan menjualnya dengan harga 12.000 rupee per kilogram. Modal yang dimilikinya adalah Rp1.800.000,00, sedangkan mobilnya hanya bisa menampung 175 kilogram buah.
Keuntungan maksimum yang bisa dia dapatkan adalah.
A. Rp.400,000.00
B. Rp500.000,00
C. Rp 600.000,00
D. Rp700.000
E. Rp775,000,0018
11. Diberi segitiga ABC dengan panjang AB = BC. Panjang sisi AB adalah 6 cm dan sudut ABC adalah 120o. Panjang sisi AC.
A. 6√8
B. 6/6
C. 6/5
D. 6/3
E. 6√2
Jawaban: B
12. Diketahui bahwa balok ABCD EFGH dengan panjang AB = 6 cm, BC = 4 cm dan AE = 3 cm, jarak dari D ke F.
A. √61 cm
B. √72 cm
C. 52 cm
D. 25 cm
E. 13 cm
Jawaban: B
13. Harga satu piring adalah dua kali lipat harga satu gelas. Jika harga untuk 6 piring dan 14 gelas adalah Rp 39.000,00, maka harga untuk 1 lusin gelas.
A. Rp.9000
B. Rp12.000
C. Rp16.000
D. Rp18.000
E. Rp 20000
14. Lima siswa diberi tugas mengamati jumlah hama wereng di sebidang tanaman padi selama seminggu. 18 jangkrik ditemukan pada hari kedua dan 4.374 jangkrik pada hari terakhir. Jika perkembangan hama wereng mengikuti pola garis geometris, ekor wereng ditemukan pada hari ke 5.
A. 200
B. 268
C. 340
D. 400
E. 486
Jawaban: B
15. Diagram berlawanan menunjukkan warna favorit seorang siswa kejuruan. Jika jumlah siswa yang menyukai warna hijau adalah 19, maka jumlah siswa yang suka warna biru.
A. 20
B. 21
C. 22
D. 23
E. 24
16. Sistem ketidaksetaraan yang diketahui x + 2y ≤ 10; 3x + 2tn ≤ 18; x≥0, y≥0. Nilai maksimum untuk fungsi objektif f (x, y) = 3x + 5y adalah.
a. 18
B. 25
C. 27
D. 29
e. 502
Jawaban: B
17. Persimpangan antara garis x + y = 10 dan garis x -2y = 4 adalah.
A. (8, 2)
B. (2, 8)
C. (-8, 2)
D. (-8, -2)
E. (8, -2)
Jawaban: D
18. Nilai minimum dari fungsi f (x, y) = 8x + 6y di bidang solusi sistem ketidaksetaraan linear 2x + y ≥ 30, x + 2y ≥ 24, x ≥ 0, y ≥ 0 adalah.
A. 192
B. 180
C. 142
D. 132
E. 726
19. Perusahaan pelayaran memiliki jenis gerobak, yaitu Tipe I dan II, gerobak Tipe I memiliki kapasitas 12 m3, sedangkan gerobak Tipe II memiliki kapasitas 36 m3. Pesanan bulanan rata-rata adalah lebih dari 7.200 m3, sedangkan biaya per pengiriman adalah 400.000 IDR untuk kendaraan Tipe I dan 600.000 IDR untuk kendaraan Tipe II. Biaya di atas menghasilkan pendapatan bulanan rata minimal Rp 200.000.000. Model matematika yang tepat dari masalahnya adalah.
A. + 3y ≥ 600, 2x + 3y ≥ 1000, x≥ 0, y ≥ 0
B. x + 3y ≥ 600, 2x + 3y ≤ 1000, x≥ 0, y ≥ 0
C. x + 3y ≥ 400, 2x + 3y ≥ 2000, x≥ 0, y ≥ 0
D. x + 3y ≥ 400, 2x + 3y ≤ 2000, x≥ 0, y ≥ 0
E. x + 3y ≥ 800, 2x + 3y ≥ 1000, x≥ 0, y ≥ 0
Jawaban: E
20. zidan adalah pembuat roti travel. Dia akan membeli roti tipe A dan tipe B. Harga untuk sepotong roti tipe A adalah Rp3.000,00 dan harga untuk sepotong roti B adalah Rp3.500. zidan memiliki keranjang dengan kapasitas 100 potong roti dan memiliki modal Rp 300.000,00. Jika x menunjukkan jumlah jenis roti A dan y menunjukkan jumlah jenis roti yang dibeli, sistem ketidaksetaraan yang harus dipenuhi adalah.
A. 6x + 7y ≥ 600, x + y ≥ 100, x≥ 0 dan y ≥ 0
B. 7x + 6y ≥ 600, x + y ≥ 100, x≥ 0 dan y ≥ 0
C. 9x + 7y ≤ 600, x + y ≤ 100, x≥ 0 dan y ≥ 0
D. 6x + 7y ≤ 600, x + y ≤ 100, x ≥ 0 dan y ≥ 0
E. 7x + 6y ≤ 600, x + y ≤ 100, x≥ 0 dan y ≥ 0
Jawaban: A
Inilah Contoh Soal Pendidikan Matematika, Semoga bermanfaat.
Tinggalkan Komentar