Info Sekolah
Selasa, 23 Jul 2024
  • Selamat Datang di Halaman Website SMK Negeri 1 Peusangan
11 Agustus 2022

SOSIALISASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SMK NEGERI 1 PEUSANGAN

Kamis, 11 Agustus 2022 Kategori : Berita / Kurikulum

Pada masa sebelum dan pandemi, Kemendikburistek mengeluarkan kebijakan penggunaan Kurikulum 2013 kemudian Kurikulum 2013 disederhanakan menjadi kurikulum darurat yang memberikan kemudahan bagi satuan pendidikan dalam mengelola pembelajaran jadi lebih mudah dengan substansi materi yang esensial. Kurikulum Merdeka di SP/SMK-PK menjadi angin segar dalam upaya perbaikan dan pemulihan pembelajaran yang diluncurkan pertama kali tahun 2021.

Pemulihan pembelajaran tahun 2022 s.d. 2024, Kemendikburistek mengeluarkan kebijakan bahwa sekolah yang belum siap untuk menggunakan Kurikulum Merdeka masih dapat menggunakan Kurikulum 2013 sebagai dasar pengelolaan pembelajaran, begitu juga Kurikulum Darurat yang merupakan modifikasi dari Kurikulum 2013 masih dapat digunakan oleh satuan pendidikan tersebut. Kurikulum Merdeka sebagai opsi bagi semua satuan pendidikan yang di dalam proses pendataan merupakan satuan pendidikan yang siap melaksanakan Kurikulum Merdeka.

Tahun 2024 menjadi penentuan kebijakan kurikulum nasional berdasarkan evaluasi terhadap kurikulum pada masa pemulihan pembelajaran. Evaluasi ini menjadi acuan Kemendikburistek dalam mengambil kebijakan lanjutan pasca pemulihan pembelajaran.

Tepat hari Rabu 10 Juli 2022 SMK Negeri 1 Peusangan menyelenggarakan sosialisasi “Implementasi Kurikulum Merdeka”. Sosialisasi ini sebagai kelanjutan dari pendaftaran implementasi kurikulum merdeka, dengan rekomendasi Usulan Angket Kesiapan Kategori “Mandiri Berubah” . Mandiri berubah yang di rekomendasi kepada SMK Negeri 1 Peusangan merupakan Pilihan 2 Implementasi Kurikulum Merdeka. Sehingga, pada tahun ini (Juli 2022) SMK Negeri 1 Peusangan menerapkan kurikulum merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang disediakan pada satuan pendidikan kelas 10 atau Fase E.

Balai Guru Penggerak Provinsi Aceh

Kepala SMK Negeri 1 Peusangan, Joko Trianto, ST mengatakan adanya sosialisasi ini untuk pelaksanaan kurikulum merdeka bagi peserta didik baru.

“Ilmu yang didapati nantinya dapat diimplementasikan langsung kepada siswa dan guru yang berkonsultasi langsung ke narasumber seputaran tantangan yang dihadapi dalam implementasi kurikulum merdeka,”.

Kepala SMKN 1 Peusangan menyampaikan, pemateri yang hadir dalam implementasi kurikulum merdeka ini mengundang Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Aceh, Teti Wahyuni.

Materi yang disampaikan narasumber mengenai pembelajaran mandiri pada platform merdeka mengajar dan refleksi pembelajaran paradigma baru kurikulum merdeka.

“Narasumber menyampaikan tentang miskonsepsi yang terjadi di lapangan terkait implementasi kurikulum merdeka, banyak hal yang tidak tepat selama ini menjadi pemahaman dari berbagai kalangan terkait kurikulum merdeka,” ujarnya.

Narasumber menyampaikan, agar semua guru bisa saling kolaborasi baik dengan komunitas belajar disekolah, berdiskusi bersama dalam menerapkan Kurikulum merdeka dan memanfaatkan platform merdeka mengajar untuk bereksplorasi lebih banyak.

“Balai guru penggerak Provinsi Aceh akan menjadi tempat bertanya seputaran kebutuhan guru agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi siswa,”.

Sementara Pengawas SMK Negeri 1 Peusangan, Ilyas mengatakan, sebagai sekolah pusat keunggulan mengharapkan semua guru serius dalam memahami dan memaknai kurikulum merdeka. Supaya semua siswa bisa diajar sesuai dengan karakternya masing-masing dan nantinya bisa mengimbaskan kurikulum merdeka ini ke SMK lain yang ada di sekitar,”.

Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri SMK Negeri 1 Peusangan.

Ada beberapa strategi Implementasi Kurikulum Merdeka jalur mandiri yang akan dijadikan tindak lanjut dari kebijakan Kemendikburistek. Sebagai berikut :

Strategi pertama, Rute Adopsi Kurikulum Merdeka Secara Bertahap, pendekatan strategi ini adalah bagaimana memfasilitasi satuan pendidikan mengenali kesiapannya sebagai dasar menentukan pilihan Implementasi Kurikulum Merdeka serta memberikan umpan balik berkala (3 bulanan) untuk memetakan kebutuhan penyesuaian dukungan Implementasi Kurikulum Merdeka dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

Strategi kedua, Menyediakan Asesmen dan Perangkat Ajar (High Tech), pendekatan strategi yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang berfungsi dalam menyediakan beragam pilihan asesmen dan perangkat ajar (buku teks, modul ajar, contoh projek, contoh kurikulum) dalam bentuk digital yang dapat digunakan satuan pendidikan dalam melakukan pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka.

Strategi ketiga, Menyediakan Pelatihan Mandiri dan Sumber Belajar Guru (High Tech), pendekatan strategi yang juga menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang berfungsi dalam melakukan pelatihan mandiri Kurikulum Merdeka yang dapat diakses secara daring oleh guru dan tenaga kependidikan untuk memudahkan adopsi Kurikulum Merdeka disertai sumber belajar dalam bentuk video, podcast, atau ebook yang bisa diakses daring dan didistribusikan melalui media penyimpanan (flashdisk).

Strategi keempat, Menyediakan Narasumber Kurikulum Merdeka (High Touch), pendekatan strategi yang digunakan dalam menyediakan narasumber kurikulum merdeka dari Sekolah Penggerak/SMK PK yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Pengimbasan bisa dilakukan dalam bentuk webinar atau pertemuan luring yang diadakan pemerintah daerah atau satuan pendidikan. Pertemuan luring bisa dilakukan dalam bentuk seminar tatap muka, lokakarya, maupun pertemuan lainnya yang dilakukan di daerah maupun di satuan pendidikan.

Strategi kelima, Memfasilitasi Pengembangan Komunitas Belajar (High Touch), komunitas belajar dibentuk oleh lulusan Guru Penggerak maupun diinisiasi pengawas sekolah sebagai wadah saling berbagi praktik baik adopsi Kurikulum Merdeka di internal satuan pendidikan maupun lintas satuan pendidikan.

Mari instal Platform Merdeka Mengajar pada gawai Android melalui tautan bit.ly/platformmerdekamengajar.

Jl.Lke

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan yang jatuh pada jadwal: Hari Jumat pada Tanggal..
Diterbitkan :
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan penentuan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan untuk mengecek..
Diterbitkan :
Jadwal Ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) TP. 2021-2022 SMK Negeri 1 Peusangan
Sehubungan dengan akan dilaksanakannya ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi peserta didik kelas X dan..