Info Sekolah
Jumat, 26 Jul 2024
  • Selamat Datang di Halaman Website SMK Negeri 1 Peusangan
8 Oktober 2022

Guru Go Blog: Blog Sebagai Media Alternatif Pembelajaran

Sabtu, 8 Oktober 2022 Kategori : Mading

Guru Go Blog sebagai Alternatif Pembelajaran – Pendidikan adalah salah satu institusi penting dalam proses perubahan pada suatu masyarakat, namun yang harus kita perhatikan bahwa perubahan sosial juga dapat terjadi setiap saat tanpa harus direncanakan terlebih dahulu disebabkan oleh pengaruh teknologi informasi yang begitu cepat. Jika guru tidak memahami mekanisme dan pola penyebaran informasi yang demikian cepat, ia akan terpuruk secara profesional. Kalau hal ini terjadi, ia akan kehilangan kepercayaan baik dari peserta didik, orang tua maupun masyarakat.

Untuk menghadapi tantangan profesionalitas tersebut, guru perlu berpikir secara antisipatif dan proaktif. Artinya, guru harus melakukan pembaruan ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya secara terus menerus. Disamping itu, guru harus paham akan teknologi informasi guna mendukung terhadap efektifitas pengajaran yang dilaksanakannya, sehingga dengan dukungan guru tidak terjebak pada praktik pengajaran yang menurut asumsi mereka sudah efektif, namum kenyataannya justru mematikan kreativitas para peserta didiknya.

Begitu juga, dengan dukungan Internet dan media sosial yang mutakhir memungkinkan guru untuk melakukan pengajaran yang bervariasi, disesuaikan dengan konteks perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedang berlangsung.

Jika kita lihat pada saat sekarang ini mayoritas guru telah memiliki media sosial seperti Instagram, Twitter dan rata-rata memiliki akun Facebook, namun kebanyakan hanya dijadikan tempat curhat, upload foto dan video, yang semua tidak berkaitan dengan pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran, padahal media sosial tersebut dapat dijadikan sebagai media pembelajaran kreatif untuk pembelajaran di Era Global.

Jika hal ini tidak menjadi kesadaran bersama maka wajar kasus kekerasan siswa terhadap guru atau sebaliknya, karena guru tidak mengikuti bagaimana perkembangan siswa-siswanya diluar lingkungan sekolah dan begitu sebaliknya peserta didik tidak dapat memahami gurunya di luar jam sekolah.

Dengan adanya komunikasi di media sosial dengan peserta didik dan guru dapat mengetahui bagaimana sikap peserta didik yang mereka tampilkan di media sosial mereka dan menjadi sebuah acuan dalam memberikan tindakan terhadap pendidikan karakter peserta didik, karena Dengan mengakses media sosial mereka dapat mencari beragam informasi dan pengetahuan yang diinginkan atau sekedar menun-jukkan eksistensinya melalui media sosial, Dengan adanya komunikasi diluar jam sekolah melalui pertemanan antara guru dan peserta didik, guru juga dapat berinteraksi dan melakukan pembelajaran jarak jauh, serta membimbing peserta didik dalam pemanfaatan media sosial yang dapat memberikan pengaruh buruk kepada peserta didik.

Media sosial sekarang menjadi pendidik bagi peserta didik selain sekolah, sekarang televisi, Facebook, Youtube, Path, Twitter, Instagram juga mendidik peserta didik sehabis sekolah atau dimalam hari, yang dapat mempengaruhi prilaku dan pola pikir peserta didik, yang berakibat jauh dari cita-cita memperkuat pendidikan karakter bangsa.

Faktanya tidak sedikit siswa yang betah berjam-jam asik dengan gadgetnya, misalnya: laptop, PC tablet, atau smartphone. Media sosial yang dimiliki guru jika digunakan sebagai media pembelajaran lebih efektif dan efisien karena memiliki banyak keuntungan. Media sosial lebih efektif karena materi pelajaran tidak hanya diberikan oleh guru di kelas, tetapi materi dapat diakses secara online melalui media sosial guru.

Media sosial juga dianggap lebih efisien karena alokasi waktu yang seharusnya dipakai untuk menjelaskan materi pembelajaran di dalam kelas bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lain misalnya: diskusi kelompok, presentasi antar kelompok, atau sharing dengan guru di kelas.

Pemilihan media sebagai media pembelajaran didasarkan atas beberapa faktor antara lain:

  1. menjadi populer karena relatif murah dalam pengelolaan, mudah untuk mengembangkan dan mudah digunakan;
  2. dapat dengan mudah digunakan untuk memberikan pekerjaan rumah kepada siswa, di mana setiap siswa secara mandiri mengerjakan tugasnya masing-masing;
  3. memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan postingan yang diurutkan atas kronologis terbalik (postingan terbaru berada paling atas);
  4. tugas individu dapat dialokasikan oleh guru atau dinegosiasikan dalam kelompok;
  5. dapat ditambahkan teks, gambar grafis, link informasi dengan situs lain yang relevan, dan data lainnya; dan,
  6. penulis dapat melakukan editing pada post setiap saat dan memungkinkan pembaca untuk meninggalkan komentar untuk postingan asli dan saling berkomentar satu sama lain. Karakteristik ini memungkinkan peserta didik melalukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas jika dibanding-kan dengan hanya menggunakan media konvensional.

Manfaat Guru Go Blog sebagai Alternatif Pembelajaran

Apa saja sih manfaat menjadi Guru Blogger (GO BLOG) itu? 

Perkembangan teknologi saat ini mempermudah semua orang dalam berbagai bidang, termasuk Guru dalam hal mengelola proses interaksi belajar mendidik muridnya. Dengan menggunakan telepon genggam, seorang guru dapat mengelola blog yang memberi manfaat sebagai berikut:

1. Menjalin komunikasi lebih intens dengan murid.

Keterbatasan waktu pertemuan di kelas sering membuat masalah dalam penyampaian materi pelajaran yang harus dituntaskan pada waktu tertentu, memalui blog guru dapat menyampaikan materi pelajaran, pesan-pesan dan berbagai hal yang bermanfaat buat pencapaian tujuan pembelajaran.

2. Menunjukkan model hasil kerja murid yang baik.

Hasil kerja murid yang baik, memenuhi syarat minimal atau bermutu bagus dapat di display guru di blognya berupa teks, foto, atau video sehingga bisa dijadikan contoh murid yang lein mengerjakan tugas-tugas sekolah. Hal itu bermanfaat untuk teman-teman di kelasnya, satu sekolah, bahkan bisa jadi contoh untuk semua orang yang memerlukannya dari seluruh dunia.

3. Membuat guru selalu update, menambah pengetahuan.

Memiliki blog, seorang guru akan sering berkunjung ke blog-blog orang lain dan menjadi selalu update, menambah pengetahun, hal ini akan menambah perbekalan guru saat berinteraksi dengan murid di kelas dan tak menjadi guru “jadul” atau menyampaikan informasi yang “basi”.

4. Meningkatkan kemampuan menulis, kreatif dan berfikir kritis.

Menulis blog, sesedikit apapun kalimat yang ditulis untuk diposting, jika dilakukan berulang-ulang akan meningkatkan kemampuan menulis. Saat mencari ide topik apa yang mau ditulis akan membuat guru semakin kreatif mencari topik-topik untuk ditulis yang dirasa bisa bermanfaat buat pembaca blognya dan menjadikan dirinya terbiasa berfikir kritis.

5. Mengabarkan kegiatan di kelas dan sekolah kepada orang tua murid dan masyarakat.

Hal yang paling mudah untuk ditulis dan diposting di blog guru adalah kegiatan sehari-hari di kelas dan sekolah. Hal ini menjadi penghubung antara seolah dengan orang tua dan stakeholder pendidikan lainnya seperti dinas pendidikan, alumni, perusahaan, pemerintah daerah, kementerian pendidikan, dsb.

6. Melihat perkembangan model-model belajar melalui blog guru yang lain.

Blog walking, mengunjungi blog-blog teman adalah kebiasaan pemilik blog yang akan membuat seorang guru akan menambah referensi berbagai hal untuk perbaikan kinerja menghasilkan kinerja yang terbaik membentuk generasi muda berkualitas.

7. Menunjukan hasil karya, prestasi, hobby atau minat guru.

Guru bidang studi apapun, blog bisa jadi alat untuk menambah porto folio yang mendisplay hasil karya sesuai mata diklat yang diampu di kelas, hal ini bisa dilihat oleg semua orang di dunia, yang terhubung melalui mesin pencari google, dsb. Jika seorang guru memiliki hobby atau perestasi pada bidang lain yang berbeda dengan mata diklat yang diajarkan, blog bisa jadi tempat untuk mempromosikan karya guru, misalnya seorang guru matematika yang gemar melukis bisa memajang karya lukisnya di blog pribadi yang mempromosikannya ke seantero dunia dan mengantarkan pembeli yang berminat untuk berinteraksi dan membeli hasil karyanya.

Seorang guru fisika yang hobby menanam pohon secara hidroponik bisa mendisplay hasil karyanya, menuliskan metode-metode perawatan tanaman hidroponik yang membuat pemilik blog diundang menjadi pembicara atau narasumber pada bidang tanaman hidroponik.

8. Mempromosikan sekolah.

Ide tulisan yang paling banyak buat seorang guru adalah kegiatan di sekolahnya, saat dokumentasi tulisan, foto dan video kegiatan sekolah diunggah di blog guru, itu akan menjadi promosi sekolah yang dapat dinikmati oleh murid, orang tua, stakeholder pendidikan lainnya seperti dinas pendidikan, alumni, perusahaan, pemerintah daerah, kementerian pendidikan, dsb. Jika di satu sekolah banyak guru yang memiliki blog, maka makin banyak promosi sekolah memenuhi jagat maya yang terhubung oleh mesin pencari.

9. Terhubung dengan masyarakat luas diluar sekolah.

Memiliki blog, seorang guru bisa dikenal masyarakat luas seantero negeri hingga ke seluruh dunia. Walau guru hanya beraktifitas di sekolah, tulisan yang diposting di blognya bisa dinikmati oleh semua orang se dunia. Teman guru akan bertambah lewat interaksi di blog, teman pembaca yang berprofesi beda pun akan bertambah, bahkan terbuka kesampatan yang sangat luas untuk melakukan perjalanan di dalam atau luar negeri menghadiri undangan kegiatan-kegiatan tertentu yang diawali lewat perjumpaan di blog.

Dimana anda bisa membuat blog? Banyak yang menyediakan fasilitas pembuatan blog, misalnya: blogger, wordpress, kompasiana, dsb. Tentang cara membuat blog, silahkan googling, atau klik pada tautan berikut:

Cara Membuat Blog

Semoga Bermanfaat pada tulisan Guru Go Blog sebagai Alternatif Pembelajaran… Salam Guru Go Blog

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan yang jatuh pada jadwal: Hari Jumat pada Tanggal..
Diterbitkan :
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan penentuan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan untuk mengecek..
Diterbitkan :
Jadwal Ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) TP. 2021-2022 SMK Negeri 1 Peusangan
Sehubungan dengan akan dilaksanakannya ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi peserta didik kelas X dan..