Info Sekolah
Selasa, 23 Jul 2024
  • Selamat Datang di Halaman Website SMK Negeri 1 Peusangan

Manfaat Multimedia Interaktif Bidang Pendidikan

Selasa, 5 Juli 2022 Oleh : smkn1psgn

Manfaat Multimedia Interaktif Bidang Pendidikan – Pembelajaran yang menggunakan Media Teknologi informasi dan komunikasi atau menggunakan hasil dari produk multimedia bisa di sebut dengan Pembelajaran berbasis Media Multimedia Interaktif. Kemudian dalam hal ini, Penggunaan multimedia dalam pembelajaran Interaktif memerlukan Konsep yang menarik serta bahan ajar yang terasa nyata. 

Pembelajaran dengan menggunakan Multimedia Interaktif mampu memberikan pemahaman dengan cepat dan akurat serta tidak mudah membuat anak-anak Bosan dan ngantuk. Pembelajaran menggunakan Media Interaktif di maksudkan untuk memberikan bahan ajar secara menarik serta terasa nyata dalam penyampaiannya.

Penggunaan Multimedia bisa memadukan antara Unsur-unsur Multimedia seperti Text, Gambar, Animai, Audio dan Video. Ada beberapa Manfaat yang bisa di dapatkan ketikan menggunakan Multimedia Interaktif dalam Dunia Pendidikan, Berikut ulasannya. 

Manfaat Multimedia Interaktif dalam Bidang Pendidikan

Sistem Pembelajaran Lebih Inovatif dan Interaktif

Dengan menggunakan Media pembelajaran interaktif, Maka pengguna akan lebih mudah dalam berfikir dan mencari solusi untuk memecahkan suatu masalah. Dengan menggunakan Media interaktif ini pengguna juga bisa berfikir secara cepat dan menghasilkan ide yang kreatif.

Kreatifitas Pendidik akan meningkat

Bukan hanya siswa/i yang akan mendapatkan manfaat dengan adanya multimedia interaktif ini, Namun Guru juga akan di paksa untuk berpikir Inovatif dan kreatif untuk menentukan bahan pembelajaran yang akan digunakan. Meskipun begitu, Kegiatan tersebut akan mengasah kemampuan Guru dalam menggunakan Media Interaktif secara mandiri.

Menjadi Motivasi Untuk Peserta Didik

Dengan menggunakan Media pembelajaran Interaktif, Peserta didik bisa mendapatkan Motivasi tambahan dan memperoleh hasil yang di inginkan. Motivasi ini datang dari semangat serta ketertarikannya terhadap sesuatu yang “Hidup” dan terasa nyata (Interaktif).

Visualisasi Bahan Ajar

Tidak seperti pembelajaran biasanya. Dengan menggunakan media interaktif maka penjelasan materi dari bahan yang susah untuk dijelaskan maka bisa dengan mudah di Visualisasikan dan di pahami oleh peserta didik. 

Merangsang Berbagai Indra Peserta Didik

Dengan menggunakan Media interaktif maka peserta didik akan menggunakan dan mengasah indra tubuhnya seperti pendengaran, Penglihatan yang Fokus dan lainnya. Dengan begitu peserta didik bisa lebih kreatif dalam mengungkapkan keinginan serta jawaban dari suatu masalah.

Pembelajaran dengan Perangkan Android “Mobile”

Media Pembelajaran Interaktif bisa menggunakan berbagai macam cara seperti menggunakan Game Pembelajaran Interaktif atau Media Pembelajaran Interaktif. Nah kedua hal itu bisa kamu lakukan dengan menggunakan Perangkat Android. Jadi peserta didik bisa belajar kapan saja dan dimana saja.

Menghemat Waktu

Penggunaan Multimedia Interaktif juga bisa menghemat waktu, Biaya dan tenaga. Karna Media pembelajaran Multimedia bersifat Interaktif dan bisa memberikan umpan balik secara otomatis. Kemudian bisa juga memberikan Respon ke pengguna.

Bersifat Mandiri

Dengan menggunakan Multimedia Interaktif maka peserta didik bisa belajar secara mandiri dan mengikuti urutan pembelajaran yang telah di tentukan sebelumnya. Dengan begitu kemandirian dari peserta didik juga akan dilatih dengan baik.

Media pembelajaran Interaktif sangat membantu peserta didik dan Guru yang bertugas. Kemudian dengan penggunaan media interaktif maka peserta didik akan semakin Kreatif dan Mandiri dalam menyelesaikan masalah.

Tulisan Lainnya

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan yang jatuh pada jadwal: Hari Jumat pada Tanggal..
Diterbitkan :
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan penentuan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan untuk mengecek..
Diterbitkan :
Jadwal Ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) TP. 2021-2022 SMK Negeri 1 Peusangan
Sehubungan dengan akan dilaksanakannya ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi peserta didik kelas X dan..