Info Sekolah
Selasa, 23 Jul 2024
  • Selamat Datang di Halaman Website SMK Negeri 1 Peusangan

Perbaikan Kualitas Data Audio

Jumat, 17 Juni 2022 Oleh : smkn1psgn

Perbaikan Kualitas Data Audio – Setiap proses perekaman gambar adakalanya terjadi hambatan dan bahkan kerusakan file yang sangat mungkin terjadi. Namun, kerusakan-kerusakan tersebut terkadang dapat diperbaiki oleh editor. Salah satu yang mungkin dapat diperbaiki adalah kerusakan pada file audio hasil proses perekaman gambar audio.

Software Adobe Premiere memiliki banyak fitur efek audio yang sangat memadai untuk melakukan perbaikan terhadap file-file audio yang rusak tersebut. Selain untuk memperbaiki, adapula fitur efek suara untuk mempertajam dan mempertebal suara sehingga meningkatkan kualitas suara pada klip video hasil perekaman gambar. Berikut beberapa fitur Perbaikan Kualitas Data Audio yang direferensikan.

a. Equalizer

Proses ekualisasi adalah proses pemerataan dengan cara menguraikan unsur suara berdasarkan frekuensinya. Ada tiga unsur frekuensi yang dapat diurai, yaitu High Frequence (frekuensi tinggi), Middle Frequence (frekuensi menengah), dan Low Frequence (frekuensi rendah). Ketiga unsur ini mampu mempertebal ataupun mempertajam kualitas suara sehingga fitur ini disarankan untuk digunakan pada saat memperbaiki kerusakan maupun pada saat pencampuran (mixing).

b. DeHummer

Berbeda dengan noise, fungsi DeHummer lebih kepada mengurangi suara gaung ataupun mendengung yang terjadi karena koneksi saluran masuk (input) yang tidak sempurna. Hal ini juga bisa disebabkan karena penggunaan perangkat audio yang tidak kompatibel terhadap kamera yang digunakan. Seperti contoh, penggunaan mikrofon dengan kualitas rendah yang memungkinkan terjadinya gaung atau dengung pada perekaman.

Fitur efek audio ini sangat tidak familiar dan jarang digunakan oleh orang awam. Namun, sesungguhnya fitur efek audio ini sangat memiliki ketajaman dan sensivitas yang tinggi terhadap suara gaung ataupun dengung yang ada pada grafik suara (waveform) yang tentunya mengganggu suara utama sehingga tidak terdengar dengan jelas.

Keistimewaan dalam sensitivitas deteksi terhadap gangguan suara dengung ataupun gaung itulah yang membuat fitur efek audio DeHummer disarankan untuk memperbaiki file audio yang rusak atau terkendala. Walaupun tidak kembali sempurna, tetapi cara kerja DeHummer akan dapat membantu file audio yang sebelumnya mengalami kerusakan dapat digunakan kembali.

c. DeNoiser

Noise dalam audio dapat juga diartikan sebagai desis. Dalam beberapa kondisi tertentu, noise juga dijadikan sebuah efek suara sehingga seolah suara tersebut terdengar kotor. Namun, pada konteks dalam bahasa ini, DeNoiser merupakan fitur efek audio yang juga disarankan untuk memperbaiki file audio yang rusak karena adanya suara desis yang berlebihan.

d. PitchShifter

Fitur efek audio PitchShifter memiliki keunikan. Sisi keunikan dari fitur audio ini adalah kemampuan dalam mempertajam kualitas suara serta mampu mengubah nada suara, baik menjadi lebih tinggi maupun lebih rendah. Karakter suara serta ketebalan suara akan dapat dengan mudah dicapai dengan menggunakan fitur efek audio PitchShifter ini.

A.    PENGERTIAN AUDIO

Audio Dalam sistem komunikasi bercirikan video, sinyal elektrik digunakan untuk membawa unsur bunyi. Istilah ini juga biasa digunakan untuk menerangkan sistem-sistem yang berkaitan dengan proses perekaman dan transmisi yaitu sistem pengambilan/penangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi, amplifier dan lainnya.

B.     MACAM-MACAM AUDIO

Audiovisual Perangkat soundsistem yang dilengkapi dengan penampilan gambar, biasanya digunakan untuk presentasi, home theater, dsb.

1.      Audio Streaming

Istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara live melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni men-download file dan menjalankannya di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan streaming kita dapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya sekaligus. Ada bermacam-macam audio streaming, misalnya Winamp (mp3), RealAudio (ram) dan liquid radio.

2.      Audio response

Suara yang dihasilkan oleh komputer.Output pembicaraan yang dihasilkan komputer untuk menanggapi input jenis khusus, misalnya permintaan nomor telepon.

3.      Audio Oscillator

Merupakan produk dari perusahaan Hewlett Packard yang pertama. Produk ini digunakan oleh Walt Disney Studios dalam pembuatan filmnya yang berjudul Fantasia.

4.      AudioModem Riser

Sebuah kartu plug-in untuk motherboard Intel yang memuat sirkuit audio dan atau sirkuit modem. AMR memuat fungsi-fungsi analog (kode-kode) yang dipelukan untuk operasi modem dan atau audio.

C.     APLIKASI AUDIO

MP3 CUTTER (software untuk memotong MP3)

Rekan-rekan yang budiman, Anda tentu suka mendengarkan musik. Perlu Anda ketahui, bahwa musik telah menjadi bagian dari peradaban manusia sejak Adam dan Hawa turun ke bumi. Musik juga merupakan sarana pendidikan, bagi ibu hamil dipercaya bahwa dengan mendengarkan musik klasik seperti karya Mozart maupun Beethoven, otak serta syaraf yang mempengaruhi kecerdasan sang janin yang ada dalam kandungannya akan terangsang untuk berkembang lebih cepat. Dengan musik, seseorang mampu menjadi kaya raya, karena musik sudah menjadi komoditas baginya, orang-orang tersebut contohnya adalah Michael Jackson maupun Justin Bieber yang sedang booming saat ini.

Bagi kita, jika ingin memanfaatkan musik dengan semaksimal mungkin kita bisa mengolahnya sendiri. Tentunya dengan bantuan sebuah software yang mampu untuk menanganinya. Untuk itu, kami memiliki sedikit software yang mampu untuk menjalankan tugas pengolahan musik. Fungsi dari software tersebut sangatlah sederhana, yakni memotong file MP3. Kendati demikian, hal itu sudah dapat digolongkan ke dalam bab pengolahan musik kan? Wajar jika software ini hanya mampu untuk menjalankan tugas yang sangat sederhana, sebab software ini merupakan freeware alias software gratisan. Yah… lumayan lah, kita hanya mampu mengerjakan tugas yang sederhana, daripada tidak sama sekali.

Seperti biasa, untuk mulai menggunakan aplikasi ini silahkan Anda download terlebih dahulu paket instalasinya. Kemudian, lakukan prosesi instalasi seperti biasa. Dan segera jalankan aplikasi ini melalui shortcutnya yang ada di desktop. Untuk cara penggunaannya, kami tidak akan menjelaskannya kepada Anda, sebab mengenai cara penggunaan tersebut telah dijelaskan sendiri oleh aplikasi ini saat Anda pertama kali menjalankannya. Meski menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya, kami yakin Anda mampu memahaminya, sebab kalimat-kalimat itu diracik menggunakan tata bahasa yang sangat sederhana. Tetapi apabila Anda masih belum paham juga, silahkan Anda mendaftarkan diri ke tempat-tempat kursus bahasa Inggris terdekat di kota Anda.

Program ini dilengkapi dengan hanya satu tujuan dalam pikiran dan itu untuk memotong bagian favorit Anda darifile audio tanpa merusak kualitas suara

Bagi teman-teman yang memiliki lagu ANDALAN dan ingin memotongnya untuk sekedar di jadikan ringtone di Hp sobat, Sobat bisa memakai software ini (MP3 CUTTER) untuk melakukanya, pemakaiannya cukup simple dan mudah, tapi memiliki khasiat yang sangat ampuh. Wihhhh berasa “Jamu” nih.

Silakan disimak kelebihan dari Mp3 Cutter ini:

  • Potong-potong musik MP3 dalam beberapa klik.
  • 40 + Format yang didukung – MP3 Cutter mendukung lebih dari 40 audio populer & format video.
  • Audio Converter – Convert file audio antara format MP3 dan lainnya.
  • Audio Extractor – Ekstrak musik dari file video ke format MP3.
  • Ringtone Maker – Buat nada dering dari setiap audio atau file video.

Cara Mudah Memotong MP3 (MP3 Cutter Plus)

Memiliki nada dering HP dengan lagu favorit merupakan dambaan setiap insan. Tapi terkadang lagu mp3 yang kita miliki terlalu panjang, sehingga kita perlu memotongnya. Ataupun kadang kita hanya mau bagian reff-nya aja yang dijadikan nada dering. Maka anda perlu software untuk memotong mp3, yaitu MP3 Cutter Plus.

Sofware ini diberikan secara gratis, Anda bisa download, besar filenya hanya 1,91 MB. Jangan kuatir dengan kualitas suara yang dihasilkan. Menurut pembuatnya, kualitas suaranya sebagus aslinya. Lalu, bagaimana cara memakainya? Cara pakainya begitu mudah. Lihatlah screeshoot di bawah ini :

Cara memotong MP3

Ikutilah langkah-langkah sederhana berikut ini:

  • Klik open lalu pilih file lagu MP3.
  • Pindahkan slider pada posisi awal lagu yg diinginkan dan klik Mark Start.
  • Kemudian pindahkan lagi slider untuk menentukan akhir dari lagu dan klik Mark End.
  • Untuk mendengarkan bagian yang diseleksi (hasil potongan) klik tombol Play Selected.
  • Terakhir, klik tombol Save untuk menyimpan hasil potongannya.

FORMAT FACTORY

Cara Menggunakan Software Format Factory

Format Factory merupakan salah satu dari sekian banyak software convert (pengubah) audio ke video maupun sebaliknya dari video ke audio. Format factory memberikan fasilitas yang beraneka ragam dalam mengconvert file audio contohnya bentuk MP3, WMA, FLAC, AAC, MMF, AMR, M4A, M4R, OGG, MP2, WAV dan WavPack.

Pun juga dalam mengconvert file video contohnya bentuk : MP4, AVI, 3GP, RMVB, WMV dll. Ini sangat bermanfaat sekali jika kita memerlukan beberapa file yang ingin di ubah formatnya menjadi salah satu aplikasi yang tersedia pada software Format Factory

Berikut langkah – langkah mengubah sebuah file dalam software format factory. Pertama buka terlebih dahulu software Format Factory anda

Kedua anda ingin mengubah file kedalam bentuk mp3 atau mp4 segera lakukan pilihan dibagian kiri format factory. Dan pada contoh berikut cara mengubah file video kedalam mp3…. klik menu mp3 yang paling atas bagian kiri format factory

Ketiga pilih lokasi penyimpanan file video anda pada menu Add File segera klik

Keempat setelah ditemukan file video yang ingin anda ubah menjadi mp3 segera klik menu open dikanan bawah:

Kelima setelah ketemu file anda kemudian lanjutkan dengan mengklik OK

Keenam..nah file video yang akan diubah menjadi mp3 udah tampil sekarang tinggal klik tombol start dibagian tengah atas format factory dan tunggulah beberapa saat file mp3 anda telah berhasil diubah.

Jika terdapat beberapa eror atau format factory tidak bisa mengubah file anda biasanya file tersebut rusak atau tidak dikenal format factory .

Convert Gambar, MP3 dan Video Lengkap Menggunakan Software Format Factory

Kebutuhan untuk melakukan convert suatu file baik MP3 ataupun Video saat ini banyak dilakukan oleh berbagai kalangan. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah atau mengganti suatu file yang ingin dikehendaki. Upaya melakukan convert suatu file MP3 atau Video dapat dilakukan dengan sebuah software yaitu Format Factory.Software Format Factory merupakan software yang dibuat khusus untuk membantu anda malakukan convert file dengan berbagai dukungan. Format Factory bisa anda dapatkan secara gratis di internet. Suatu kasus bila anda ingin melakukan convert file dari format video menjadi hanya suara yang diambil yaitu MP3 anda bisa melakukannya dengan mudah menggunakan software gratis ini.

Format Factory merupakan media converter yang multi fungsi mampu melakukan convert format file sebagai berikut :

  • MP4/3GP/MPG/AVI/WMV/FLV/SWF.
  • MP3/WMA/AMR/OGG/AAC/WAV.
  • JPG / BMP / PNG / TIF / ICO / GIF / TGA .
  • Rip DVD ke file video, Rip CD musik ke file audio. MP4 file mendukung iPod / iPhone / PSP / BlackBerry format. Mendukung RMVB , Watermark , AV Mux.

Beberapa dukungan fitur dari Format Factory :

  • Mampu melakukan convert semua file gambar, MP3 dan video. 
  • Mampu memperbaiki video atau audio yang rusak.
  • Mampu mengurangi ukuran file multimedia.
  • Mendukung format file untuk iphone dan ipod
  • Konversi gambar mendukung Zoom, Rotate / Flip , tag.
  • DVD Ripper.
  • Mendukung 60 bahasa.

Format Factory merupakan software converter yang mendukung semua jenis operating sistem untuk Windows. Software tersebut memiliki kelebihan yang dapat mempermudah kita dalam melakukan convert suatu format file. Segera dapatkan software tersebut secara gratis dan instalasi pada computer anda. Penggunaan software Format Factory juga sangat mudah.

Dengan software Format Factory anda dapat merubah jenis format file misalkan dari format MP4 diconvert kedalam jenis format 3GP/AVI dan lain sebagainya. Dapat pula anda melakukan convert dari file video kedalam format MP3. Itulah beberapa keunggulan dari Format Factory yang bisa anda nikmati.

MINILYRICS

Minilyrics adalah suatu software yang kegunaannya untuk menampilkan lirik-lirik lagu pada media player baik itu winamp, WMP, AIMP ataupun pemutar lagu/audio yang lainnya, asalkan sudah terinstalkan dengan media player tersebut pada komputer kalian. Minilyrics ini akan berjalan ketika media player juga di jalankan. Minilyrics ini pun sebenarnya harus terkoneksi pada internet agar dapat otomatis mendownload lirik lagu yang di putarkan di media player.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan yang jatuh pada jadwal: Hari Jumat pada Tanggal..
Diterbitkan :
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan penentuan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan untuk mengecek..
Diterbitkan :
Jadwal Ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) TP. 2021-2022 SMK Negeri 1 Peusangan
Sehubungan dengan akan dilaksanakannya ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi peserta didik kelas X dan..