Info Sekolah
Selasa, 23 Jul 2024
  • Selamat Datang di Halaman Website SMK Negeri 1 Peusangan

Sinopsis Film Pendek

Selasa, 14 Juni 2022 Oleh : smkn1psgn

Sinopsis Film Pendek adalah ringkasan padat dan jelas dari sebuah naskah buku, film, dan jenis karya lainnya tanpa menghilangkan unsur penting dalam naskah tersebut. Sinopsis menjadi bagian yang sering dicari sebelum membeli buku atau menonton film.

Sinopsis adalah suatu ringkasan cerita atau bentuk pemendekan suatu naskah yang tetap memperhatikan unsur-unsur instrinsiknya seperti tokoh dan penokohan, alur, amanat, gaya bahasa, dll. Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, iliustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pengarangnya.

Sinopsis umumnya digunakan sebagai prolog dalam suatu naskah, baik naskah pendek atau panjang untuk suatu pementasan drama, film, dan juga teater panggung. Sinopsis tersebut digunakan untuk mengetahui dan memahami secara singkat tentang sebuah naskah yang akan dipentaskan ataupun dibaca. Dalam penulisannya umumnya sinopsis dibatasi dengan jumlah halaman, contohnya 1 sampai 3 halaman atau seperlima dari naskah aslinya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sinopsis diartikan sebagai ikhtisar karangan yang umumnya diterbitkan secara bersamaan dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis tersebut.

Dalam sinopsis umumnya berisi gambaran isi sebuah karya baik itu karya tulis atau film. Sinopsis punya peran penting dalam penggambaran sebuah karya.

Sinopsis memberikan gambaran tentang alur cerita atau poin utama dari suatu karya. Jadi, sinopsis bisa dikatakan sebagai ringkasan dari isi sebuah karya.

Sinopsis biasanya ditulis untuk menggambarkan buku fiksi atau nonfiksi, makalah akademis, artikel jurnal dan surat kabar, film, acara TV, dan bahkan video game.

Detail dan informasi yang diungkapkan dalam sinopsis tergantung pada tujuannya. Bagian utama dalam sinopsis biasanya harus bersifat persuasif untuk menarik pembaca.

Tujuan dan Ciri-Ciri Sinopsis

Tujuan Sinopsis

Memberikan gambaran singkat dan padat mengenai tema atau materi yang akan dibahas oleh penulis.

Untuk memudahkan pembaca atau pemirsa dalam menangkap konsep dan kesesuaian ide yang ada dalam sebuah cerita, buku, film, atau pementasan tertentu.

Untuk menarik minat calon pembaca atau pemirsa terhadap sebuah cerita, buku, film, atau pementasan tertentu.

Ciri-Ciri Sinopsis

Alur disusun secara berurutan serta memiliki kronologis, yang tepat dan sesuai cerita aslinya.

Ditulis sesingkat mungkin dan tidak bertele-tele, sinopsis maksimal ditulis dalam satu halaman.

Ditulis dengan menggunakan gaya bahasa persuasif atau berupa ajakan agar calon pembaca tertarik untuk membacanya.

Konflik dan penyelesaian konflik ditulis dengan singkat dan semenarik mungkin sehingga pembaca penasaran.

Fungsi Sinopsis

Fungsi sinopsis pada umumnya, yakni:

Memberi sebuah gambaran ringkas serta singkat tentang isi cerita atau naskah.

Memberi gambaran yang jelas secara sederhana mengenai urutan ataupun kronologi ceritanya.

Sebagai prolog ataupun epilog dari sebuah naskah yang akan dipentaskan.

Sebagai draft pedoman bagi pemain ataupun pemeran untuk melakukan improvisasi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan sinopsis, yakni:

Untuk mempermudah langkah awal tentukan terlebih dahuku temanya yang berisikan tentang gagasan utama dari cerita novel itu.

Alur ataupun jalan cerita dimana tempat dan juga waktu terjadinya sebuah peristiwa.

Penokohannya yakni pelaku dalam sebuah cerita.

Langkah-langkah Membuat Sinopsis

Langkah-langkah dalam membuat sinopsis yang baik dan benar, adalah:

Membaca terlebih dahulu naskah aslinya agar dapat mengetahui kesan paling penting dari penulis secara umum.

Mencatat gagasan pokok ataupun menggaris bawahi gagasan utama yang paling penting.
Tulislah ringkasan yang sesuai dengan gagasan utama yang di temukan sesuai dengan langkah kedua.
Gunakan kalimat yang jelas, mudah dipahami, efektif, dan juga menarik agar dapat membuat rangkaian cerita singkat yang dapat menggambarkan apa yang akan diceritakan di karangan aslinya.
Untuk menulis dialog ataupun monolog tokoh, cukup secara garis besarnya saja.
Sinopsis yang dibuat tak boleh menyimpang dari isi cerita secara keseluruhannya.
Hal yang diperlukan saat akan membuat sinopsis:
Untuk mempermudah langkah awal, perlu menentukan terlebih dahulu tema yang berisi tentang gagasan utama dalam cerita novel, film atau karya lain tersebut.
Alur atau jalan cerita di mana tempat dan waktu terjadinya sebuah peristiwa. Penokohannya, yaitu pelaku dalam sebuah cerita.

Sinopsis Singkat Film Ayat-Ayat Cinta

Film ayat-ayat cinta ini diangkat dari novel karangan Habiburrahman El Shirazy, mengisahkan tentang seorang pemuda indonesia yang bernama Fahri, berasal dari keluarga sederhana dan sedang berkuliah S2 di universitas Al-Azhar mesir. Film ayat-ayat cinta ini diperankan oleh empat pemain utama, yaitu Fedi Nuril (Garasi mengejar sang surya) berperan sebagai Fahri, Rianti Cartwright (Pesan dari Surga) berperan sebagai Aisha, Carissa Puteri sebagai Maria dan Zaskia Adya Mecca berperan sebagai Noura, dan Melania Putria sebagai Nurul.

Fahri dalam film ini diterangkan sebagai seorang pemuda yang aktif dalam berorganisasi islam dan mempunyai iman yang kuat, Selai kerajinannya Fahri juga di hadapkan dalam permasalahan jodoh, yang orang tuanya memintanya untuk menikah, akan tetapi Fahri sendiri masih linglung akan persepsi jodoh.

Meskipun banyak sekali diantara kawan-kawan Fahri yang mengucapkan cintanya via surat terhadap Fahri, Namun Fahri masih merasa belum menemukan alternatif Allah untuknya. Fahri bertempat tinggal di lantai satu pada suatu flat di Mesir bersama dengan tiga orang kawan laki-laki. Fahri mempunyai tetangga di lantai tiga flatnya, seorang wanita Mesir bernama Maria.

Contoh Sinopsis Film Pendek Tema “500 Rupiah”

Pengemudi ojol mengembalikan sejumlah uang kepada penumpang, termasuk sebuah koin 500 rupiah. Ketika turun dari mobil, koin 500 rupiah itu terjatuh dan sipemilik enggan untuk mengambilnya, karena mberanggapan hanya uang receh.

Lama berselang, ada juga orang yang memungutnya. Koin uang itu diberikan kepada pengamen jalanan yang tengah lewat. Saat pengamen itu melihat seorang pengemis yang tampak lebih miskin darinya, ia pun memberikan koin 500 rupiah itu. Tak lama, anak si pengemis datang minta uang. Koin 500 rupaih itu pun berpindah kepada si anak pengemis yang mungkin akan membeli permen atau apa saja.

Tetiba si anak mendengar azan lalu mampir ke sebuah musholla. Seusai sholat, ternyata koin 500 rupaih itu pun masuk ke dalam kotak amal.

Catatan: tema film pendek yang tentang siapa itu tidak harus tentang manusia, mungkin saja bisa hewan, tumbuhan, atau benda-benda yang lain.

Contoh Sinopsi Sesuai dengan Unsurnya

        Sinopsis Novel

Sinopsis novel adalah ringkasan cerita novel. Ringkasan novel adalah bentuk pemendekan dari sebuah novel dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik novel tersebut. membuat Sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan karangan (novel) yang panjang dalam bentuk yang singkat.

Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pegarangnya. Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan asli.

Langkah-langkah Membuat Sinopsis Novel

Membaca naskah asli terdahulu untuk mengetahui kesan umum penulis.

Mencatat gagasan utama dengan menggaris bawahi gagasan – gagasan yang penting.

Menulis ringkasan berdasarkan gagasan-gagasan utama sebagaimana dicatat pada langkah ke 2. Kita gunakan kalimat yang padat, efektif, dan menarik untuk merangkai jalan cerita menjadi sebuah karangan singkat yang menggambarkan karangan asli.

Dialog dan monolog tokoh cukup ditulis isi atau dicari garis besarnya saja.

Ringkasan / sinopsis novel tidak boleh menyimpang dari jalan cerita dan isi dari keseluruhan novel.

        Sinopsis Sastra

Sinopsis Sastra Biasanya, saat melihat bagian belakang buku, Anda dapat menemukan sinopsis singkat. Penerbit biasanya menggunakan jenis sinopsis ini untuk menarik pembaca agar mau membaca seluruh novel.

Sinopsis novel atau sastra juga dapat digunakan oleh lembaga akademis untuk memberikan gambaran yang jelas kepada siswa tentang sebuah cerita atau oleh penulis untuk memberikan gambaran umum kepada penerbit.

Sinopsis Harry Potter and the Chamber of Secrets 

Dalam angsuran keduanya dari Harry Potter saga, J.K. Rowling membawa pembaca melalui petualangan Harry Potter di Sekolah Sihir dan Sihir Hogwarts.

Peringatan misterius dari peri membuat Harry waspada saat dia mulai membuka rahasia Tom Riddle, laba-laba berbicara, dan jurnal unik.

        Sinopsis Film

Sinopsis film adalah yang biasanya ditemukan di poster film atau situs streaming digital. Studio sering merilis sinopsis untuk penonton yang menguraikan pertunjukan.

Sinopsis The Lion King

Sebuah animasi klasik Disney, The Lion King, mengikuti perkembangan Simba yang bergejolak. Seekor bayi singa dilahirkan untuk menjadi Raja, tetapi pamannya yang kejam, Scar, membunuh ayahnya, Mufasa, dan mengirim bayi itu pergi. Bayi singa kembali untuk melawan pamannya dan mengambil tempat yang selayaknya.

Sinopsis Cerita Fairy Tale / Dongeng 

Sementara pada umumnya di bawah judul sastra, dongeng itu unik karena memiliki banyak adaptasi. Namun sinopsis umum untuk jenis karya sastra ini masih sama.

Sinopsis Dongeng Cinderella 

Dongeng terkenal Cinderella mengeksplorasi hubungan seperti pelayan dengan saudara tirinya yang kejam dan ibu tirinya yang kejam. Ketika seorang pangeran mengundang seluruh keluarga ke sebuah pesta, Cinderella mencoba untuk bergabung dengan mereka hanya untuk dihancurkan oleh keluarganya.

Seorang ibu peri mengunjunginya dan mendandaninya untuk pergi ke pesta dansa, dan pangeran jatuh cinta padanya. Kehilangan sepatunya pada tengah malam, menjadi perburuan bagi sang pangeran untuk menemukan cinta sejatinya di luar dugaan keluarga tirinya.

        Sinopsis Drama

Sinopsis Drama Area umum lainnya yang mungkin Anda lihat sinopsisnya adalah sebuah drama. Sama seperti sinopsis sastra, sinopsis drama dimaksudkan untuk memikat seseorang untuk menonton pertunjukan langsung, atau bisa juga digunakan untuk memberikan gambaran umum bagi siswa.

Sinopsis Drama Romeo dan Juliet 

Salah satu lakon terbesar William Shakespeare adalah Romeo dan Juliet, mengikuti dua orang dari keluarga yang bertikai saat mereka bertemu dan jatuh cinta meskipun keluarga mereka tidak setuju. Melalui beberapa peluang yang terlewatkan dan miskomunikasi, mereka akhirnya bunuh diri demi cinta.

Sinopsis Penelitian

Sinopsis Penelitian Kalau soal penelitian akademis, makalahnya bisa panjang. Oleh karena itu, ini biasanya memiliki sinopsis, yang secara resmi disebut abstrak, di awal artikel.

Abstrak ini memberikan informasi kepada pembaca tentang apa yang termasuk dalam studi penelitian dan informasi terkait lainnya yang mungkin mereka perlukan untuk memutuskan apakah makalah ini akan berguna bagi mereka.

Contoh abstrak makalah penelitian dapat membantu menunjukkan kepada Anda bagaimana sinopsis ini disusun. Contohnya seperti abstrak dari Hipotesis Med di bawah ini:

Karena pandemi COVID-19 saat ini berkembang dan data epidemiologis mengungkapkan perbedaan dalam penyebaran geografis dan faktor risiko untuk mengembangkan penyakit parah, hipotesis mengenai kemungkinan mekanisme yang mendasari perlu dikembangkan dan diuji.

Cara Menulis Sinopsis

Setelah melihat beberapa contoh sinopsis, untuk dapat mulai menulis sinopsis, berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  • Petakan Karakter dan Poin Plot 

Dalam karya fiksi, seperti novel atau acara TV, hal ini mencakup kejadian pemicu, peningkatan aksi, klimaks, dan resolusi. Anda dapat memberikan gambaran singkat tentang karakter, ciri kepribadian, atau motivasi kepada pembaca. Perkenalkan karakter utama (protagonis, antagonis, karakter pendukung terkenal). Dalam sebuah karya non-fiksi, yang bisa diberikan adalah gambaran tentang apa makalah atau karya tersebut.

  • Sorot Poin Unik 

Penting untuk menyoroti bagian unik dari karya non-fiksi atau fiksi. Sediakan sesuatu bagi pembaca untuk memikat mereka agar mau membaca dokumen atau karya tersebut, beserta alasannya. Misalnya, Anda dapat menunjukkan suara, alur cerita yang unik, atau sudut pandang sebuah novel.

  • Tulis dengan jelas 

Mulailah dengan sesuatu yang menarik. Sinopsis tidak perlu terlalu panjang, jadi penting untuk menyampaikan poin dengan cepat. Oleh karena itu, setelah menulis sinopsis, bacalah untuk melihat apakah ada cara untuk mengubahnya agar lebih jelas.

  • Menggunakan Contoh Sinopsis 

Setelah melihat banyak contoh sinopsis yang berbeda, cobalah membuatnya sendiri. Anda juga dapat mempelajari cara menulis sinopsis yang lebih pendek, yang disebut logline. Berikan gambaran tentang plot contoh cerita.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan yang jatuh pada jadwal: Hari Jumat pada Tanggal..
Diterbitkan :
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan
Pengumuman Hasil Kelulusan SMK Negeri 1 Peusangan penentuan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan untuk mengecek..
Diterbitkan :
Jadwal Ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) TP. 2021-2022 SMK Negeri 1 Peusangan
Sehubungan dengan akan dilaksanakannya ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi peserta didik kelas X dan..